Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ali Mukhni Canangkan Program Padangpariaman Bersih di 2017

29 Januari 2017 | 29.1.17 WIB Last Updated 2017-01-29T01:19:16Z



Setelah berhasil dalam Program Padangpariaman Sehat (PPS) dalam tiga tahun terakhir, mengawali tahun 2017 Bupati Padangpariaman Ali Mukhni mencanangkan Program Padangpariaman Bersih (PPB). Hal ini menurutnya sejalan dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang diluncurkan akhir Desember 2016 lalu.

PPB, ungkap Bupati, terinspirasi dari kegiatan gotong royong yang telah dilaksanakan pada awal tahun 2010 silam. Ia berharao ke depan, Padangpariaman sebegai pioner mewujudkan nagari bersih, nagari sehat dan nagari cerdas di Ranah Minang.

"Program gotong royong udah jalan sejak lima tahun lalu, kemudian Padang Pariaman Sehat telah menjadi pilot project nasional dalam bentuk GERMAS. Insya Allah, tahun ini kita gebyarkan Padangpariaman Bersih," kata Bupati didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Rena Ali Mukhni usai bersih-bersih di Fly Over Bandara Internasional Minangkabau, Sabtu (28/1/2017).

Orang nomor satu di Padangpariaman itu menyadari bahwa sebagai pintu gerbang Sumatera Barat, Padangpariaman harus memperhatikan kebersihan dan keindahan di sepanjang jalan utama dari dan menuju ke Kota Padang.

Menurut pantauannya, masih ada masyarakat yang kurang disiplin dalam membuang sampah yang tidak pada tempatnya-- sehingga mengganggu tatanan lingkungan, menimbulkan bau tak sedap dan rawan penyakit.

"Jadi ada warga yang buang sampah sambil lewat di pinggir fly over, lalu menumpuk setiap hari. Ini kan pelanggaran, tidak boleh dibiarkan," sambung peraih Satya Lencana Pembangunan itu.

Selanjutnya ia minta dinas terkait dan camat untuk memasang tanda larangan membuang sampah di sepanjang aliran sungai. Karena bisa mengakibatkan banjir pada musim hujan dan sungai menjadi kotor.

Alumni Lemhanas tahun 2012 itu juga meminta dinas terkait untuk berinovasi dalam memanfaatkan lahan kosong untuk membuat ruang taman hijau sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

"Sebagaimana sering saya sampaikan, motto kita "Sudah Saatnya Masyarakat Menikmati". Artinya, lanjutnya, program yang dibuat harus jelas untuk rakyat," sebut peraih Penghargaan Ksatria Bhakti Husada dari Presiden RI itu  

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan dan Pertanahan Yuniswan menambahkan pihaknya berkomitmen menjadikan Program Padangpariaman Bersih sebagai primadona tahun 2017 ini.

"Sesuai arahan Bapak Bupati, program PPB melibatkan seluruh unsur masyarakat dan peran ibu-ibu PKK," kata mantan Kepala BP3KP itu.

HA/OLP
×
Berita Terbaru Update