Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pesona Batu Akik Lubuk Nyarai Cetus Lahirnya Komunitas Pencinta Batu Akiak Piaman Laweh

30 November 2014 | 30.11.14 WIB Last Updated 2014-11-30T13:37:03Z
Bupati Ali Mukhni bersama Ketua Komintas Pecinta Batu Akik Piaman Vifner dan Wali Nagari  Harry Subrata memakai cincin batu akik asli Lubuk Alung di Lapangan Sei Abang, Jum'at (27/11)



Ada yang unik pada pelaksanaan MTQ ke 42 yang telah dibuka oleh Bupati Ali Mukhni di Lapangan Bola Sungai Abang Lubuk Alung, Jumat sore (28/11) dimana adanya stand pameran ekonomi kreatif yang menampilkan aneka kerajinan tangan anak nagari Lubuk Alung. Dan stand yang paling ramai dikunjungi adalah stand batu akik asli dari Hutan Gamaran, Lubuk Nyarai  di Lubuk Alung.

"Sengaja kita tampilkan karya anak nagari Lubuk Nagari Lubuk Alung sekaligus ajang promosi. Ada kerajinan dari kertas ceki yang berbentuk pot bunga dan guci. Dan yang paling diminati pengunjung stand batu akik asli dari Lubuk Alung yang mendapat respon positif oleh Bapak Bupati," kata Wali Nagari Lubuk Alung Harry Subrata.

Ia beralasan saat ini banyak pecinta batu akik yang memakai produk luar Sumbar padahal Nagari Lubuk Alung memiliki potensi batu akik yang sangat besar. Untuk itu, dia bersama wali nagari se-kab. Padangpariaman akan membentuk komunitas pecinta batu akik Piaman sebagai wadah dalam memanfaatkan potensi batu akik di Padangpariaman dan Kota Pariaman. Sebagai ketuanya nanti dipercayakan kepada Ketua KPU Vifner sebagai sosok pemuda yang kreatif mempromosikan batu akik Piaman di Sumbar. Komunitas ini rencana akan dikukuhkan dalam waktu dekat oleh Bupati Padangpariaman Ali Mukhni.

Calon Ketua Komunitas Pecinta Batu Akik Piaman Vifner mengatakan ide pembentukan komunitas ini sebagai bentuk kepedulian generasi muda terhadap pengembangan potensi daerah terutama batu akik. Ia bersepakat dengan Wali Nagari untuk menggunakan batu akik piaman dan mulai mempromosikan secara bertahap.

"Saya diminta menjadi Ketua Komunitas Pecinta Batu Akik Piaman. Namun saya sampaikan bahwa saya bersedia dengan syarat batu akik yang kita gunakan adalah batu akik asli produk piaman. Saya kira batu akik Piaman jauh lebih baik dari daerah lain," kata Vifner yang juga Ketua KPU Padang pariaman itu.

Sementara itu, Bupati Ali Mukhni merespon positif terbentuknya komunitas pecinta batu akik Piaman sebagai ajang promosi dan saling bertukar informasi.

"Komunitas pecinta batu akik piaman ini sangat positif sebagai ajang promosi dan saling bertukar informasi. Saya dukung 100%. Tadi saya juga dikasih batu akik oleh wali nagari, saya lihat sangat berkarakter dan asli produk Lubuk Nyarai di Lubuk Alung," kata Bupati yang baru saja meraih Pemuda Award KNPI Sumbar 2014 itu.


HA/OLP
×
Berita Terbaru Update