Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mukhlis: MUSRENBANG Adalah Media Konsultasi Publik

26 Februari 2014 | 26.2.14 WIB Last Updated 2014-02-27T04:48:35Z




Demi Mewujudkan Semangat Transparansi dalam penyelenggaraan Pemerintahan, supaya masyarakat mendapatkan subtansi, proses penyusunan, dan memberikan masukan, Pemerintah Kota Pariaman menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (MUSRENBANG RPJMD) Kota Pariaman Tahun 2014 di aula utama Balaikota Pariaman, Rabu (26/2/2014).

"Hal ini telah disempurnakan dan diteruskan kepada Pemerintah Propinsi Sumatera Barat untuk konsultasi, kemudian diajukan kepada DPRD untuk kemudian disepakati menjadi Peraturan Daerah (Perda)," ungkap Mukhlis saat membuka acara.

Menurutnya, forum ini sekaligus merupakan media konsultasi publik sehingga para pemangku kepentingan dapat secara aktif mengikuti dan memberikan masukan konstruktif terhadap konsep perencanaan pembangunan Kota Pariaman.

"Hal ini sesuai dengan masa jabatan kami dengan Wakil walikota Pariaman Genius Umar yang telah dipilih oleh masyarakat Kota Pariaman untuk jabatan tahun 2013-2018,"
imbuhnya.

Berpedoman pada Permendagri no.54 tahun 2010 tentang penjabaran PP no.8 tahun 2008 tentang tahapan tata cara, penyusunan, pengendalian dan Evaluasi pelaksanaan rencana Pembangunan Daerah (RPJMD) untuk jangka 5 tahun kedepan, merupakan penjabaran visi dan misi dan program kepala Daerah yaitu dengan satu tekad, sejahterakan rakyat.

"Demi terwujudnya visi Kota Pariaman sebagai Tujuan Wisata dan Ekonomi Kreatif Berbasis Lingkungan, Budaya dan Agama," tukuknya.

Untuk mewujudkannya, maka dibentuklah program-program unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang akan dilaksanakan di Kota Pariaman yakni Program sekolah Gratis, Pengadaan Bus Sekolah Gratis, Program Berobat Gratis, Pembangunan Mesjid Agung Kota Pariaman, Pembangunan GOR bertaraf International, Pembangunan Resort Wisata Pantai, Revitalisasi Pasar Tradisional serta Peningkatan SDM menunjang industri Kreatif berbasis potensi Daerah.

"Untuk itu Pemerintah meminta agar pemangku kepentingan agar memberi kontribusi positif bagi upaya untuk mewujudkan visi dan misi Pembangunan yang telah kami susun ini," pintanya.

Dia juga berharap seluruh sektor baik itu Pemerintah Propinsi, DPRD Kota Pariaman, SKPD, Perguruan Tinggi dan LSM serta seluruh lapisan masyarakat kota Pariaman dapat mendukung program ini, sehingga apa yang telah direncanakan dapat tercapai dengan baik.

"Kami berharap semoga kita semua dapat mengikuti tahapan pelaksanaan Musrenbang ini dengan baik," pungkasnya.

Nesya/OLP
×
Berita Terbaru Update