Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius Harapkan Lulusan SMK Mampu Buka Usaha Sendiri

26 Februari 2014 | 26.2.14 WIB Last Updated 2014-02-26T05:41:31Z





Menjadi generasi muda haruslah mempunyai keinginan dan semangat untuk maju, demikian disampaikan Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya melepas Murid-murid SMK 1 Pariaman untuk Praktek Kerja Industri, bertempat di Lapangan SMK Negeri 1 Pariaman, Rabu (26/02/2014).

"Menjadi anak muda haruslah berani dan memiliki keinginan yang kuat untuk maju dan mencontoh yang positif dari orang lain," tuturnya.

Menurutnya, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) haruslah mempunyai Skill karena SMK dipersiapkan untuk menjadi anak-anak terampil yang siap kerja. Pemerintah juga sangat memperhatikan perkembangan SMK, karena itu, wawako ingin siswa-siswa SMK dapat menjadi anak-anak yang hebat dengan disiplin yang tinggi.

"Jangan banyak berada di Luar sekolah ketika jam belajar," tukasnya.
 

Dia berharap, praktek kerja industri ini nantinya sesaui dengan target yang ingin dicapai pemerintah.

"Ada dua opsi yang bisa dilakukan setelah kerja Praktek ini dilaksanakan, yakni anak-anak ini nantinya memiliki usaha sendiri dengan berkelompok atau bisa bekerja ditempat mereka bekerja praktek," jelasnya.

Mengenai pembelajaran, SMK juga tidak sama dengan sekolah lain yakni mata pelajaran, 30% teori, dan 70% praktek. Genius menyebutkan, sejak dirinya menjadi wakil walikota Pariaman, telah membuka jaringan ke Wilayah Industri, dimana bukanlah hal yang mudah untuk dapat menjalin kerjasama dengan beberapa kawasan industri bagi anak-anak SMK ini.

"Alhamdulillah, beberapa waktu yang lalu, murid-murid SMK kita yang dikirim kesana, dipuji mempunyai etos kerja sehingga diberikan uang lembur," jelasnya.

Menghadapi AFTA tahun 2015 nanti, dia berharap Kota Pariaman khususnya tamatan SMK, mampu bersaing dengan lulusan sekolah dari Negara lain.

"Untuk itu, salah satu hal yang harus kita lakukan adalah memperdalam kemampuan berbahasa asing, agar jangan ketinggalan dari negara lain di Asia yang lebih lancar Bahasa Inggrisnya dibandingkan kita di Indonesia," pungkasnya.

Sementara itu, menurut Kepala Sekolah SMK 1 Pariaman, Yarfit Hardes, Pengiriman siswa Praktek kerja ke Kawasan Industri ini merupakan pengiriman tahap ke II. Siswa ini akan dikirim ke PT. WIN yakni perusahaan Korea yang berada di Cikarang Bekasi. Jumlah Siswa yang akan dikirim sebanyak 35 Orang yang berasal dari jurusan Mesin Industri dan Listrik.

Nesya/OLP
×
Berita Terbaru Update