Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

KLB Polio di Aceh, Genius segera imunasi 600 anak Pariaman

6 Maret 2023 | 6.3.23 WIB Last Updated 2023-03-06T12:12:54Z

 

Foto: Rika

Pariaman - Sekitar 600 orang anak dari umur 0 hingga 59 bulan akan menjadi sasaran imunisasi polio yang digelar dari tanggal 6 hingga 13 Maret 2023 di seluruh Kota Pariaman.

"Lintas OPD dan lintas Forkopimda secara bersama-sama dalam satu minggu ini melaksanakan imunisasi polio untuk seluruh anak di Kota Pariaman," ungkap Walikota Pariaman, Genius Umar saat acara launching crash imunisasi polio tingkat Sumatra Barat, Senin (6/3).

Genius yang mewakili Gubernur Sumatra Barat mengatakan saat ini telah terjadi kejadian luar biasa (KLB) polio circulating vaccine-deived polio virus tipe 2 (VDPV2) di Kabupaten Pidie, Aceh yang melatarbelakangi imunisasi polio saat ini.

"Ada 600 anak yang menjadi sasaran untuk dilakukan imunisasi polio dengan harapan mencapai 95 persen selama satu minggu ini,” imbuh Genius.

Imunisasi polio akan diberikan untuk seluruh anak usia sasaran, baik yang berdomisili di Kota Pariaman, maupun untuk pendatang.

Sementara, Genius menyebutkan tingkat imunisasi polio Kota Pariaman tahun 2022 cukup rendah sekitar 37 persen dan tahun 2021 hanya mencapai 11 persen karena pandemi Covid-19.

“Di tahun ini kita harapkan imunisasi polio mencapai 95 persen karena polio sangat berbahaya. Kalau tidak melakukan imunisasi polio, menyebabkan anak-anak tersebut menjadi lumpuh permanen seperti yang terjadi di Provinsi Aceh,” kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Laila Yanwar mengungkapkan bahwa Kota Pariaman dipilih menjadi tempat dilaunchingnya Crash Program Imunisasi Polio tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023 karena sukses dalam menangani masalah kesehatan.

“Hari ini telah dicanangkan imunisasi polio di semua kabupaten/kota di Provinsi Sumbar. Ini merupakan akibat adanya kasus di Provinsi Aceh, namun alhamdulillah di Provinsi Sumbar belum (ditemui) ada kasus polio ini,” ucapnya.

Untuk menjaga anak-anak agar terhindar dari penyakit polio, yang diimunisasi anak-anak rentang usia 0-59 bulan. Untuk Provinsi Sumbar, anak-anak yang harus di imunisasi sebanyak 512. 309 anak, dengan cakupan 95 persen.

“Selama satu minggu ke depan akan dilaksanakan imunisasi polio yang telah dimulai hari ini,” tandasnya. (Rika/OLP)

×
Berita Terbaru Update