Genius ajak antardaerah saling dukung majukan pariwisata Sumbar

 

Foto: Dewi

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar berharap setiap daerah di Sumatra Barat (Sumbar) saling mendukung penyelenggaran iven pariwisata yang digelar di daerah. Setiap daerah yang ada, agar saling dukung satu sama lain untuk memajukan pariwisata Sumbar.

"Hal ini sangat penting demi terwujudnya Sumatra Barat menjadi destinasi wisata nasional," ungkap Genius Umar saat melaunching calender of event Pariwisata Pariaman 2023 di Hotel Safari Inn Pariaman, Rabu (30/11).

Launching tersebut Genius mengundang sejumlah kepala daerah yang ada di Sumbar guna menyelaraskan iven-iven yang akan menjadi agenda penyelenggaraan selama tahun 2023.

Dia berharap antardaerah saling berkolaborasi menghelat berbagai iven yang diharapkan memiliki dampak besar bagi setiap daerah dan Sumbar pada umumnya.

Saat ini, dikatakan Genius, hampir seluruh daerah di Sumbar mengalami persoalan sama terkait anggaran yang dalam status defisit.

"Sementara kita butuh anggaran untuk pembangunan daerah masing-masing termasuk juga penyelenggaraan iven pariwisata," sambungnya.

Selain itu, peran Pemprov Sumbar juga sangat diharapkan menyinkronkan porsi anggaran yang jelas dari APBD Provinsi Sumbar itu sendiri untuk daerah.

Genius menuturkan selama 2023 pihaknya akan mengadakan iven sebanyak 26 dengan tiga iven unggulan. Yakni Hiyak Tabuik, Pariaman Internasional Triathlon dan Pariaman Berlari.

Pariaman International Triathlon akan diselenggarakan pada bulan Juni, Pesona Hoyak Tabuik bulan Juli, dan Pariaman Berlari pada bulan September.

"Beberapa iven bisa bertambah seiring berjalanya waktu karena kita juga sudah menyurati KONI Kota Pariaman untuk mengadakan iven berskala besar," jelasnya.

Saat ini, terang Genius, Kota Pariaman memiliki sejumlah potensi wisata yang juga didukung oleh desa-desa wisata yang ikut bertumbuh. Masing-masing desa juga memiliki keunikannya masing-masing, mulai dari wisata sejarah, budaya, alam dan edukasi.

Launching calender of event Kota Pariaman 2023 turut dihadiri oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, dan perwakilan dari masing-masing kabupaten dan kota se Provinsi Sumatera Barat. (Dewi/OLP)