Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ribuan jamaah padati Maulid Nabi SAW di Masjid Raya Badano

21 November 2022 | 21.11.22 WIB Last Updated 2022-11-20T21:54:43Z

Foto: Junaidi

Pariaman - Ribuan jamaah Forum Dakwah Yasin se Sumatra Barat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Raya Badano, Pariaman Timur, Minggu (20/11).

Bahkan dalam pengumpulan dana melalui badoncek terkumpul uang sebanyak Rp 32 juta yang dijadikan kas sekaligus untuk pembangunan masjid tersebut.

"Selamat datang bagi ribuan jamaah. Hal ini menandakan tingginya minat ibadah umat muslim Sumatra Barat di manapun diadakan," kata Walikota Pariaman, Genius Umar yang ikut menghadirinya maulid dengan penceramah Ustaz lyas Tuanku Bagindo itu.

Sumatra Barat khusunya suku Minangkabau, kata Genius memiliki filosofi ABS SBK, adat basandi sayarak, syarak basandi kitabullah. Filosofi ini sejalan dengan visi Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata yang Islami yang tetap mempertahankan adat istiadat.

Kota Pariaman, kata Genius, sangat mendukung acara tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah. Ia juga berharap kegiatan serupa dikembangkan di masa mendatang.

"Kami juga mengapresiasi karena menyelenggarakannya di salah satu masjid tertua dan paling bersejarah di Kota Pariaman yang secara tidak langsung ikut mendukung program pemerintah meramaikan Kota Pariaman," sambungnya.

Genius juga menceritakan sejarah masuknya Islam di Sumatra Barat yang berawal dari Pariaman. Pertamanya masuk dari Pariaman melalui Syech Burhanuddin di Ulakan dan panglimanya Syech Katik Sangko yang kuburannya ada di Pulau Angso Duo.

"Karena itu kami membangun Kota Pariaman ini dengan berbasis Islam," singkapnya.

Selain pariwisata yang berbasis Islami, imbuh Genius, pihaknya juga menganggarkan penyuluh agama desa melalui APBD.

"Program pengentasan kemiskinan melalui pendidikan dengan program satu keluarga satu sarjana (Sagasaja)," pungkasnya. (Juned)

×
Berita Terbaru Update