Menteri PPA Bintang Puspayoga akan launching Desa Ramah Perempuan Anak se Kota Pariaman

Foto: istimewa

Pariaman - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati yang lebih dikenal Bintang Puspayoga, akan launching Desa Ramah Perempuan dan Anak se Kota Pariaman pada 8 Desember 2022 mendatang.

"Kami mengapresiasi komitmen Kota Pariaman dalam pemberdayaan perempuan dan anak melalui gerakan desa ramah perempuan anak," kata Bintang Puspayoga saat menerima kunjungan Walikota Pariaman, Genius Umar di Jakarta, Selasa (22/11).

Di saat yang sama, Genius Umar mengatakan saat ini sudah ada empat desa di masing kecamatan sebagai model desa ramah perempuan anak.

"Kemudian ada tambahan dua desa atas inisiasi kepala desa. Kita akan deklarasikan seluruh desa dan kelurahan yang ada," kata Genius.

Selain itu, Pemko Pariaman juga melakukan MoU dengan Kapolres dan Kajari tentang layanan korban dan penindakan hukum terhadap pelaku kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Kehadiran menteri di Pariaman, kata Genius, akan memberi semangat bagi Pariaman, Sumatra Barat umumnya yang menganut sistem matriakat atau sistem kekerabatan melalui jalur ibu.

"Sistem matrilineal menegaskan perlakuan terhadap perempuan harus lebih baik lagi," imbuh Genius.

Tidak hanya itu, Kota Pariaman juga telah memiliki Perda Ketahanan Keluarga nomor 8 tahun 2022. Sebuah inovasi, contohnya seperti sistem nikah terencana untuk pengurangan angka perceraian dan amankan keluarga yang disingkat dengan SI NINA RANCAK dan Kota Genius (Kota Generasi Aman Ibu Sejahtera).

Rangkaian acara lainnya, Deputi Kementerian PPA juga akan memberikan pelatihan peningkatan kapasitas SDM yang sering terlibat dengan persoalan kekerasan dengan narasumber dari Kementerian PPA, kepolisian, Rumah Sakit Tarakan Jakarta yang difasilitasi UNDP Indonesia. (Phaik/*)