Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius harap PKDP Bali datangkan investor bangun Pariwisata Pariaman

18 Juli 2022 | 18.7.22 WIB Last Updated 2022-07-18T00:35:06Z

Genius Umar berharap perantau Piaman yang ada di Bali bisa mendatangkan investor untuk membangun Kota Pariaman. Foto: Junaidi

Bali - Walikota Pariaman, Genius Umar mengajak perantau Piaman yang ada di Bali mengambil peran untuk kampung halaman. Apalagi Kota Pariaman saat ini mulai dilirik investor karena sudah menjelma jadi salah satu kota destinasi wisata paling pesat perkembangannya di Sumatra Barat.

"Kami mengajak perantau ikut berkontribusi aktif secara bersama-sama membangun Kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman," kata Genius Umar saat pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah PKDP Provinsi Bali periode 2022-2027 di Gedung Sebaguna Ikatan Keluarga Minang Saiyo (IKMS) di Jalan Gunung Lebah Nomor 25, Tegal Harum, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Sabtu (16/7).

Genius bahkan mengajak pengurus PKDP yang ada di Bali mendorong kehadiran investor terutama membangun sektor pariwisata yang telah menjadi visi pembangunan Kota Pariaman sejak satu dekade terakhir.

Selain itu, Genius berharap agar perantau Pariaman dan Padangpariaman di Bali terus menjaga kekompakan serta saling mengayomi satu sama lain.

Menurutnya, PKDP awalnya dibentuk (Tahun 1984 oleh mendiang Bupati Padangpariaman, Anas Malik medio 1980-1990 bersama sejumlah tokoh Piaman) bertujuan untuk memberikan peluang usaha serta sumber ekonomi bagi para perantau.

Selain itu, sebagai sebuah paguyuban besar keberadaan PKDP juga sebagai upaya melestarikan adat istiadat dan budaya Pariaman yang memegang erat Falsafah Minang di perantauan.

"Serta sebagai wadah bagi para perantau untuk ikut serta membangun kampung halaman," kata Genius.

Di samping itu, Genius juga menceritakan kontribusi masyarakat Pariaman dalam membangun. Seperti memberikan lahannya secara percuma kepada pemerintah untuk pembangunan jalan. Bahkan sudah puluhan kilometer pembangunan jalan dilakukan tanpa dukungan APBD karena keterbatasan anggaran karena pandemi Covid-19.

Kontribusi yang tidak kalah besar lainnya yang diharapkan Genius kepada perantaua adalah dukungannya terhadap program satu keluarga satu sarjana atau Sagasaja. Program pendidikan tinggi gratis yang sudah berjalan efektif 4 tahun ini sudah mewisudakan angkatan pertama siap kerja.

"Kami mengajak perantau ikut berkontribusi dengan menjadi orang tua asuh untuk para peserta Sagasaja nantinya," pungkasnya sembari memberi tahu sekaligus mengundang perantau pulang kampung pada Pesta Budaya Tabuik 2022 yang mulai digelar awal Agustus 2022 ini.

Pelantikan DPW PKDP Bali juga dihadiri oleh Ketua Umum DPP PKDP, Refrizal, Wakil Bupati Padangpariaman, Rahmang, Ketua TP-PKK Kota Pariaman, Lucyanel Genius, dan Kepala Cabang Bank Nagari Pariaman, Ibnu Supriadi. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update