Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mardison targetkan nilai SAKIP Pariaman naik dari tahun ke tahun

21 Juni 2022 | 21.6.22 WIB Last Updated 2022-06-21T12:31:34Z

Foto: Junaidi

Pariaman - Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin mengingatkan jajarannya agar mempertanggungjawabkan setiap uang yang dibelanjakan dan menjadi pelayan masyarakat yang baik.

"Dimulai dari integrasi penganggaran dan pelaporan kinerja," ujarnya pada workshop penguatan implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi pada Pemerintah Kota Pariaman tahun 2022, Senin (21/6).

Melalui penguatan SAKIP, integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Dengan itu pelaksanaan pemerintahan akan berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan.

Dengan adanya Workshop Penguatan Implementasi SAKIP oleh seluruh jajaran ASN, dia mengimbau mengikutinya dengan sungguh agar pengetahuan yang dibabarkan bisa dipahami seluruh peserta.

"Agar dipahami bersama dan bisa diimplemantasikan sehingga nilai SAKIP Kota Pariaman meningkat lagi," kata dia.

Pada 2021, sambung dia, nilai SAKIP Kota Pariaman berada di peringkat B yang meningkat dari tahun 2016 hingga 2020 yang selalu berada di peringkat CC.

Dia berharap ada peningkatan tiap tahunnya. Untuk itu diperlukan percepatan agar nilai SAKIP Kota Pariaman bisa menjadi peringkat A bahkan AA.

Evalausi SAKIP, kata dia, menggambarkan kemampuan instansi pemerintah dalam mewujudkan birokrasi yang berorientasi pada hasil dan mengelola perbaikan terhadap delapan area perubahan di level instansi mapun level unit di bawahnya.

"Juga meningkatkan kualitas implementasi kebijakan masing-masing area perubahan agar tercipta birokrasi berdaya saing yang mampu menjalankan semua program pemerintah secara efektif dan efisien," tandasnya.

Predikat hasil evaluasi SAKIP sendiri dikelompokan menjadi tujuh peringkat. Yakni peringkat pertama (AA) adalah sangat memuaskan, peringkat kedua (A) adalah memuaskan, peringkat ketiga (BB) adalah sangat baik, peringkat keempat (B) adalah baik, peringkat kelima (CC)  adalah cukup baik, peringkat keenam (C) adalah kurang, dan peringkat ketujuh (D) adalah masih sangat kurang.

Workshop menghadirkan Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB), Akhmad Hasmy. Workshop digelar selama tiga hari, dari tanggal 20 hingga 22 Juni 2022 mendatang. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update