Mutasi lagi: Genius lantik 14 kepala sekolah

Foto: Dewi

Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar melantik 14 orang Kepala SD, 10 Kepala TK, 5 orang pejabat struktural, 1 orang penilik dan 1 orang fungsional tertentu di Satpol PP. Pelantikan 31 ASN tersebut dilakukan di halaman Balaikota Pariaman, Jumat (25/2).

Untuk jabatan kepala sekolah, kata Genius, bukanlah sebuah jabatan struktural karena jabatan tersebut merupakan tugas tambahan bagi setiap guru.

"Mengemban amanah memimpin seluruh guru dalam proses belajar mengajar di sekolah," kata Genius Umar yang ibunya juga pensiunan seorang kepala sekolah tersebut.

Namun demikian, peran seorang kepala sekolah sangat penting pada maju mundurnya setiap sekolah. Untuk itu seorang kepala sekolah harus inovatif agar sekolahnya berhasil menyelenggarakan pendidikan yang bermutu.

Pengambilan sumpah jabatan menurutnya hal yang lumrah dilakukan di setiap birokrasi demi penyegaran dan agar ASN tidak terjebak dalam situasi yang sifatnya rutinitas.

Secara psikologis, klaim Genius, terjebak dalam rutinitas membawa pengaruh kurang baik. Terutama dalam suasana dan kepuasan kerja.

"Namun perubahan positif ini senantiasa diperlukan untuk membangun sebuah kekuatan besar dalam skala tugas bersama di jajaran Pemerintah Kota Pariaman," tuturnya.

Selain itu, pemberian jabatan merupakan amanah dan bukti kepercayaan pimpinan kepada ASN bersangkutan. Oleh sebab itu, pejabat mestinya bisa menjaga amanah tersebut dengan kinerja yang baik.

Di samping itu, pihaknya akan selalu melakukan evaluasi dan memantau kinerja pada pejabat itu. Hasil evaluasi akan menjadi catatan tersendiri baginya untuk menentukan karier pegawai bersangkutan.

"Semoga saudara meneguhkan niat dan tekad untuk menjadi teladan. Baik dalam menjalankan tugas maupun sebagai anggota masyarakat. Hal ini akan tercermin dari sikap, disiplin, prestasi dan profesionalisme," tandasnya. (Dewi/OLP)