Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

SAKIP belum optimal, Genius perintahkan jajarannya tingkatkan kinerja

6 Desember 2021 | 6.12.21 WIB Last Updated 2021-12-06T11:44:53Z

Foto: Rika

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar meminta jajarannya meningkatkan kinerja di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) beserta unit kerja lainnya.

"Pimpinan OPD harus mengevaluasi kinerja utama dan bertanggungjawab untuk itu," kata Genius Umar saat memberi arahan kepada seluruh pimpinan OPD di Balaikota Pariaman, Senin (6/12).

Menurutnya, salah satu tolok ukur kinerja instansi pemerintahan bisa dilihat dari sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah atau SAKIP.

Nilai SAKIP Kota Pariaman selama 5 tahun terakhir, kata Genius, masih belum optimal. Oleh sebab itu ia meminta meningkatkan implementasi SAKIP di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman.

Guna nilai SAKIP sendiri, sambung Genius adalah untuk mengwujudkan dan meningkatkan rasa kepemilikan seluruh pimpinan OPD terhadap kinerja yang harus dicapainya.

"SAKIP merupakan salah satu tolok ukur penting kinerja setiap instansi pemerintahan," tegasnya.

SAKIP sendiri merupakan suatu siklus berkesinambungan yang tidak terputus mulai dari perencanaan kinerja, perjanjian kinerja, pengukuran kinerja, capaian kinerja, evaluasi dan pelaporan kinerja.

"Sangat membutuhkan peran semua pihak dalam penyelenggaraannya, terutama peran pimpinan OPD sebagai pihak yang memiliki kewenangan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di daerah,” tandasnya. (Rika/OLP)

×
Berita Terbaru Update