DPR RI tepati janji, Pariaman terima 40 ekor sapi

Foto: Junaidi

Pariaman - Kota Pariaman menerima bantuan 40 ekor sapi dewasa dan 2 unit pengolahan pupuk organik (Uppo) dari Kementerian Pertanian, Senin (27/8).

Ke 40 ekor sapi tersebut lalu dibagikan kepada sejumlah kelompok tani. Kelompok Tani Desa Padang Cakur dan Kelompok Tani Desa Batang Tajongkek Kecamatan Pariaman Selatan menerima 24 ekor sapi, atau masing masing keltan menerima 12 ekor.

Masih di Pariaman Selatan, Uppo Desa Marunggi juga menerima 8 ekor sapi. Sedangkan 8 ekor sapi sisanya diserahkan kepada Uppo Desa Padang Biriak-Biriak Pariaman Utara.

"Selain bantuan sapi, Uppo Padang Biriak-Biriak juga menerima bantuan pembuatan kandang, becak motor, rumah pakan dan mesin pencacah rumput," kata Walikota Pariaman Genius Umar.

Bantuan sapi dan 2 Uppo tersebut, kata Genius merupakan tindak lanjut dari kunjungan Komisi IV DPR RI ke Kota Pariaman 9 Desember 2021 lalu. Ia menyebut bantuan tersebut berkah akhir tahun bagi Pariaman.

Genius terharu pada warga yang sukarela serahkan tanah

Menurut Genius, pembangunan di Kota Pariaman telah menyentuh kesadaran masyarakat untuk ikut serta dan berpartisipasi. Semangat masyarakat tersebut, imbuh dia, akan terus menjalar kepada masyarakat lainnya.

"Saya tersentuh dengan semangat masyarakat desa Padang Cakur, Batang Tajongkek dan Marunggi yang sukarela menyerahkan tanahnya untuk pembukaan jalan baru," kata Genius.

Atas dasar itu, sambung Genius, ia lalu memikirkan apa yang akan diberikan kepada masyarakat - dan ternyata - berkat lobi ke anggota DPR RI dan Kementerian Pertanian, Kota Pariaman menerima bantuan 40 ekor sapi hanya dalam waktu kurang dari 3 minggu.

"Dengan bantuan ini kami berharap masyarakat merawatnya dengan baik sapi agar terus berkembang dan menghasilkan," pungkasnya. (Juned)