Keistimewaan Desa Apar yang akan dikunjungi Sandiaga Uno

Foto: Lokadata.id/istimewa/internet

Pariaman - Desa Apar, Pariaman Utara raih dua pengakuan sekaligus sebagai desa wisata. Untuk capaian nasional, Desa Apar masuk dalam 50 besar desa wisata Indonesia. Sedangkan untuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Apar masuk 5 besar anugerah Pokdarwis tingkat Sumatra Barat.

"Kita optimis Pokdarwis Desa Apar menjadi yang terbaik di Sumbar dan nasional," kata Walikota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Jumat (27/8).

Kemarin (Kamis) kata Genius, Desa Apar menerima kunjungan tim penilai Provinsi Sumbar terkait masuknya Pokdarwis Desa Apar dalam 5 besar. Tim penilai berkesempatan pula meninjau kawasan hutan mangrove yang ada di desa itu.

Bahkan, kata Genius, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno juga akan berkunjung ke desa Apar guna melihat langsung desa wisata Indonesia yang masuk 50 desa wisata terbaik se Tanah Air ini.

"Kita akan membuktikan Desa Apar menjadi yang terbaik. Semua hal yang diperlukan telah dipersiapkan," kata dia.

Desa Apar tidak hanya dikenal memiliki hutan mangrove yang masih asri, namun juga lokasi pusat penangkaran penyu terbaik di Sumatra Barat. Selain itu, desa yang sempat viral karena memiliki sekolah tinggi ilmu beruk (STIB) ini, juga memiliki pantai yang indah.

Selain menjadi desa kunjungan wisata reguler, Desa Apar juga pusatnya wisata edukasi dan penelitian. Tidak hanya dikenal dalam negeri, peneliti internasional dari National Geographic juga telah menginjakkan kakinya di desa tersebut. (Juned/OLP)