Warga ngantri divaksin, Mardison optimis target herd immunity bisa dicapai akhir tahun ini

Potret antusias warga Pariaman saat mengantri menerima vaksin Covid-19 di Puskesmas Airsantok. Foto: OLP

Pariaman - Pemko Pariaman targetkan 2.200 orang divaksinasi Covid-19 setiap minggunya. Untuk mencapai target tersebut, Pemko Pariaman empat lokasi vaksinasi untuk umum setiap harinya.

"Tiga lokasi di puskesmas-puskesmas yang ada dan satu lokasi di RSUD Dr Sadikin Pariaman," kata Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin di Pariaman, Selasa (20/7).

Sebenarnya, menurut Mardison, pihaknya bisa memberikan vaksinasi kepada 5000 orang setiap minggunya, namun karena keterbatasan jumlah petugas vaksinator, target yang dicapai baru setengahnya.

"Tapi ini target yang sangat tinggi jika jumlahnya dibandingkan dengan penduduk kota Pariaman. Untuk persentase daerah, kota Pariaman masih yang tertinggi di Sumatra Barat," kata Mardison.

Jika jumlah petugas vaksinator tetap maksimal, kata Mardison, petugas bisa melayani pemberian vaksin kepada 300 hingga 350 orang setiap harinya.

Oleh sebab itu Mardison yakin kota Pariaman bisa mencapai target Herd Imunity menjelang akhir tahun 2021 paling lambat awal 2022.

"Dengan catatan pasokan vaksin yang diterima Kota Pariaman selalu lancar," kata mantan Ketua DPRD Kota Pariaman itu.

Hingga saat ini, imbuh Mardison, telah lebih dari 10.000 warga Pariaman menerima vaksin dosis pertama dari semua kalangan, termasuk lansia dan remaja usia 12 hingga 17 tahun.

"Sedangkan yang telah menerima dosis penuh atau dua dosis vaksin telah mendekati angka 4000," tuturnya.

Mardison bahkan kian optimis target herd imunity untuk kota Pariaman akan mendahului daerah lainnya di Sumatra Barat mengingat antusiasnya warga ingin divaksin.

"Setiap hari selalu penuh. Kuota 100 dosis vaksin harian per puskesmas selalu tersalurkan dan bahkan banyak warga tidak kebagian jika terlambat datang," pungkasnya. (OLP)