Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pariaman raih Kota Layak Anak ketujuh kalinya

30 Juli 2021 | 30.7.21 WIB Last Updated 2021-07-30T03:25:58Z

Foto: Dewi Lestari

Pariaman - Kota Pariaman kembali menerima penghargaan sebagai Kota Layak Anak (KLA) kategori Madya 2021. Penghargaan yang ketujuh kalinya tersebut diterima Walikota Pariaman, Genius Umar secara virtual dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Kamis (29/7).

Dalam arahannya, Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan empat hak utama bagi anak-anak. Yakni hak hidup, hak tumbuh kembang, hak mendapat perlindungan dan hak partisipasi.

"Penghargaan KLA diberikan satu tahun sekali bagi daerah yang telah mendedikasikan kebijakannya untuk kesejahteraan anak," kata dia.

Ia mengatakan pentingnya bagi pemerintah memenuhi hak anak guna mewujudkan sumber daya manusia yang memiliki daya saing dan berkualitas guna mencapai target Indonesia Layak Anak pada 2030 mendatang.

KLA, kata dia, juga sebagai bentuk sistem pembangunan berbasis anak secara menyeluruh dan berkesinambungan - khusus untuk memenuhi anak. Sedangkan penghargaan KLA dibagi dalam empat kategori. Yakni pratama, madya, nindya dan utama.

Walikota Pariaman Genius Umar menyebut penghargaan KLA yang kembali diterima Kota Pariaman, akan menjadi cambuk sekaligus pemicu untuk lebih meningkatkan kinerja dan kebijakan pro anak.

"Kita sangat serius menangani pembangunan bagi anak dengan berbagai program unggulan di organisasi perangkat daerah terkait," kata dia.

Pengahragaan yang diterima meski sudah yang ketujuh kalinya, sambung Genius, tidak akan membuatnya berpuas diri memenuhi hak anak. Seperti kualitas pendidikan, fasilitas anak sekaligus pemenuhan hak dan perlindungan anak.

"Ke depan kita berusaha meraih KLA kategori Nindya dengan melakukan beberapa evaluasi atas capaian selama ini," pungkasnya. (Dewi/OLP)

×
Berita Terbaru Update