Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wisatawan saksikan festival bunga: baru kali ada festival begini, yang saya tahu Ikebana Jepang

11 April 2021 | 11.4.21 WIB Last Updated 2021-04-11T05:08:24Z

Walikota Genius Umar meninjau salah satu taman bunga peserta. Foto: istimewa

Pariaman - Desa Kampuang Kandang raih juara pertama lomba menata taman bunga terindah yang diselenggarakan di Pantai Kata Pariaman, Minggu (11/4). 

Taman bunga Desa Kampung Kandang raih juara pertama. Foto: istimewa

Desa Kampung Kandang menyisihkan 57 desa dan kelurahan lainnya yang juga mengikuti dalam lomba bertajuk "Pariaman Culture Everyweek" atau dalam bahasa Indonesia "budaya Pariaman setiap minggu".

Sedangkan juara kedua dan ketiga diraih oleh Desa Mangguang dan Desa Simpang Apar, peringkat keempat, kelima dan keenam diraih Desa Sikapak Timur, Desa Sikapak Barat dan Kelurahan Kampung Perak.

Festival menata bunga tersebut menarik perhatian pengunjung di Pantai Kata. Para wisatawan menganggap iven tersebut cukup kreatif karena baru kali ini dia temui selama ia mengunjungi destinasi wisata di berbagai daerah.

"Iya, baru kali ini saya lihat festival kayak gini. Lucu dan unik," kata Yanti, 35, warga kota Padangpanjang.

Menurut Yanti, di daerah asalnya juga beragam jenis bunga bisa tumbuh subur. Namun sepengetahuan dia, belum pernah diadakan iven seperti di kota Pariaman ini.

"Paling kita kunjungi toko bunga atau lihat majalah belajar seni merangkai bunga ala Jepang 'Ikebana'," ungkapnya.

Hal serupa juga disampaikan Mardiah, 58 tahun. Ia melihat meski iven tersebut dilakukan di tepi pantai, tapi taman-taman bunganya tumbuh subur.

"Biasanya kan di dataran tinggi suburnya, dan saya lihat ada beberapa jenis bunga yang vegetasi dataran tinggi. Di sini dia subur, mungkin karena dipupuk kali ya," ujarnya.

Mardiah yang juga memiliki berbagai jenis bunga di halaman rumahnya di Baso, Agam Timur, mengaku salut dengan inovasi pariwisata Pariaman saat ini. Ia tertarik ke Pariaman karena begitu gencarnya pemberitaan media terhadap pariwisata Pariaman di media online.

"Ketika saya ketik 'wisata pariaman' di Google, keluar semua. Ada Talao Pauah, Pulau Angsoduo, Pantai Gandoriah, kolam mandi terpanjang Santok, jenjang seribu dan lainnya. Makanya jelang Ramadhan kita langsung ke Pariaman, dan terbukti Pariaman memang indah, dan maaf menurut saya pantainya lebih bagus dari Pantai Padang," kata dia.

Walikota Pariaman Genius Umar menyebut menata taman bunga merupakan bagian dari seni yang berinteraksi langsung dengan alam. Bunga akan tumbuh subur jika dia diperhatikan, dipupuk, disiram secara rutin.

"Dari yang saya lihat, peserta cukup kreatif karena punya seni penataan tersendiri," kata Genius.

Genius berharap iven tersebut dilakukan rutin tiap tahunnya. Selain mengasah kemampuan peserta dalam membentuk dan menata taman, juga bisa menjadi contoh bagi ibu rumah tangga untuk menata taman di rumahnya masing-masing. (OLP)

×
Berita Terbaru Update