Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ditemani Andre Rosiade, Genius ajukan lima proposal di dua kementerian langsung ke tangan menteri

13 April 2021 | 13.4.21 WIB Last Updated 2021-04-13T07:06:40Z


Pariaman - Dua agenda besar dipungkasi Walikota Pariaman Genius Umar dalam satu hari di Jakarta dengan mengunjungi dua pos kementerian sekaligus. Genius bersama sejumlah kepala daerah lainnya, ditemani oleh anggota DPR sekaligus politisi muda Gerindra, Andre Rosiade, menemui langsung para menteri tersebut, Senin (12/4).

Di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Genius bertemu langsung dengan Menteri Teten Masduki.

Pada saat itu Genius menyerahkan langsung proposal ke tangan menteri. Menurut Genius, dalam proposal tersebut ia menyalurkan aspirasi masyarakat Pariaman terkait pembangunan Pasar Basah Pariaman yang nantinya akan diintegrasikan dengan bangunan baru Pasar Pariaman yang telah diresmikan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin di Pariaman 6 April lalu.

Di samping itu, Genius juga mengajukan permohonan untuk pembangunan Pasar Ikan Karanaur, Pusat Kuliner Terpadu di objek wisata Talao Pauah, dermaga apung Pulau Ujuang serta penanggulangan abrasi di Pulau Angsoduo.

Menteri Teten Masduki langsung menanggapi lisan. Dia mengatakan komitmennya dalam pengembangan UMKM dan memperbanyak kredit usaha mikro atau KUR, dana bergulir, koperasi produksi serta pembangunan UMKM Center di seluruh daerah.

Setelah menampung proposal, ia berjanji akan menganggarkannya karena memang banyak program pemerintah pusat yang diterjemahkan daerah dan bisa diakses langsung anggarannya di kementeriannya melalui proposal.

Ia menyebut dengan mengajukan proposal langsung di kementeriannya, adalah cara cepat menarik anggaran pusat ke daerah. Ia juga memuji peran Andre Rosiade yang ia sebut peduli akan pembangunan Sumatra Barat yang terbukti dengan banyaknya membawa kepala daerah ke kementeriannya guna mengakses langsung dana APBN untuk dibawa ke Sumatra Barat.

Di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Genius juga bertatap muka langsung dengan Menteri Sakti Wahyu Trenggono.

Di Kementerian ini, Genius menyerahkan lima proposal sekaligus yang sebelumnya telah ia sampaikan langsung kepada Wapres KH Ma'ruf Amin saat meresmikan Pasar Rakyat Pariaman di Pariaman beberapa hari lalu.

Proposal yang diserahkan Genius Umar sebelumnya dikatakan Wapres Ma'ruf Amin adalah gawenya lintas kementerian. Oleh sebab itu, materi kelima proposal yang ia serahkan sama halnya dengan yang ia serahkan kepada Menteri Koperasi dan UKM dengan penambahan proposal desa wisata bahari.

Selain menyerahkan proposal, Genius juga terlibat diskusi dengan menteri dan Andre Rosiade. Ia menyampaikan dirinya telah mengajukan langsung permohonan dana pusat untuk pembangunan Masjid Terapung Pariaman, pembangunan pelabuhan penyeberangan antar pulau dan kawasan terpadu wisata pantai, saat Wamen PUPR John Wempi Watipo menemani Wapres meresmikan Pasar Pariaman.

Kepada Menteri KKP Genius juga membahas sinergi dan kolaborasi daerah dengan kementerian untuk pengembangan potensi bahari di Sumatra Barat dengan menggali potensi perikanan laut dan air tawar yang kaya guna menunjang pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan apa yang dilakukan Genius di Pariaman merupakan realisasi dari program di kementerian yang dipimpinnya.

Menteri mengatakan dia akan memberi dukungan sarana dan prasarana yang diajukan Genius guna mendorong dan mengembangkan sektor perikanan dan bahari di kota Pariaman.

Pada kesempatan itu dia sekaligus berpesan agar segala bentuk program pembangunan memiliki dampak yang nantinya bisa dinikmati masyarakat, khususnya pada peningkatan ekonomi kerakyatan namun di sisi lain tidak mengancam keberlanjutan ekosistem laut.

Andre Rosiade meski kerap disebut politisi kontroversial, namun untuk pembangunan kampung halamannya dia memiliki tekad dan komitmen yang kuat. Di berbagai kementerian, kiprah Andre cukup besar mendorong realisasi anggaran untuk Sumatra Barat. Begitu juga di lembaga legislatif, ia salah satu tokoh muda Sumatra Barat yang berani pasang badan demi Sumatra Barat.

Andre mengatakan di masa pandemi, perlu pemulihan dan percepatan pertumbuhan ekonomi bagi setiap daerah. Oleh sebab itu, daerah perlu bersinergi dengan pemerintah pusat dan selaku wakil rakyat Sumatra Barat di pusat (lembaga legislatif), dia siap bekerja untuk masyarakat semaksimal mungkin. Hal itu dia buktikan dengan membawa enam bupati dan walikota di Sumatra Barat ke dua pos kementerian.

Andre berharap dengan dukungan dari pemerintah pusat, ekonomi Sumatra Barat segera bergerak bangkit, dan sektor UMKM merupakan sektor utama motor penggerak ekonomi Sumatra Barat yang perlu didongkrak. (OLP)

×
Berita Terbaru Update