Majukan Sektor Pariwisata, Pemko Pariaman dan Pekanbaru Jalin Kerjasama

Kota Pariaman dan Pekanbaru saling sinergi menyongsong Indonesia Maju 2045. Foto: Junaidi

Pariaman - Pemko Pariaman dan Pemko Pekanbaru akan jalin kerjasama bidang investasi dan pariwisata yang saling menguntungkan bagi kedua daerah.

"Karena jarak Pariaman-Pekanbaru sangat dekat. Pekanbaru juga merupakan market domestik terbesar di sektor pariwisata Pariaman," kata Walikota Pariaman Genius Umar di Balaikota Pekanbaru, Jumat (15/1).

Jalinan kerjasama kedua daerah tersebut, kata Genius juga akan diperkuat oleh dinas terkait Pemko Pariaman dengan dinas di Pemko Pekanbaru dalam bentuk momerandum of understanding alias MoU.

Genius menuturkan sektor pariwisata Pariaman sangat potensial dikembangkan dalam bentuk penanaman modal bagi pengusaha asal Pekanbaru dengan dukungan Pemko Pekanbaru. Kunjungan wisata Pariaman dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan bahkan di atas 100 persen.

Oleh sebabnya, di hari libur nasional dan liburan panjang sekolah, banyak hotel yang full booking. Ini peluang bagi para investor untuk membangun hotel berbintang di kota Pariaman.

"Ini sekaligus upaya Pemko Pariaman mengkatrol pendapatan asli daerah melalui sektor pariwisata. Jika sektor wisata terus berkembang, ia akan mengungkit banyak sektor lainnya," pungkas Genius.

Walikota Pekanbaru, Firdaus, menyambut baik ide Genius tersebut. Sesama anggota asosiasi pemerintah kota seluruh Indonesia wilayah I, pihaknya akan saling berbagi inovasi dan kerjasama antar daerah.

"Pertemuan ini langkah awal untuk kerjasama yang lebih konkret. Kita berharap Pekanbaru dan Pariaman jadi kesatuan yang kokoh dalam peningkatan ekonomi, industri kreatif dan pengembangan pariwisata," kata walikota dua periode itu.

Ia berharap dengan pertukaran sumber daya antar dua daerah, kedua daerah akan lebih mempunyai daya saing menuju Indonesia Maju 2045 yang mesti dipersiapkan masing-masing daerah dari sekarang. (Junaidi/OLP)