Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius Kumpulkan Seluruh Dubalang dan Memintanya Lebih Efektif Sebagai "Pagar" Desa

13 Januari 2021 | 13.1.21 WIB Last Updated 2021-01-13T13:48:36Z

Walikota Genius Umar beri arahan bagi seluruh Dubalang agar efektif menjalankan peran sosialnya di tengah masyarakat desa. Foto: Desi

Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar meminta Dubalang se kota Pariaman lebih meningkatkan perannya dalam menjaga keamanan dan tradisi lokal di setiap desanya.

"Sebagai salah satu instrumen dalam sistem sosial masyarakat Minangkabau, Dubalang bertugas menjaga keamanan dan kondisifitas masyarakat tingkat desa," kata Genius Umar saat memimpin apel gabungan 275 Dubalang se Kota Pariaman di Pantai Kata Pantai Kata Pariaman, Rabu (13/1).

Sistem keamanan desa dengan mengaktifkan peran Dubalang baru diberlakukan di kota Pariaman di Sumatra Barat. Dubalang memiliki peran hampir sama dengan Pecalang yang ada di Bali yang juga bertugas sebagai penjaga keamanan desa adat Bali.

Selama ini, kata Genius, peran Dubalang sebagai pagar desa atau nagari telah berjalan sesuai aturan adat dan ketentuan undang-undang meski tidak merata di setiap desa. Para Dubalang dipilih berdasarkan usulan masyarakat desa dengan kriteria tertentu, seperti memahami adat istiadat, berperilaku baik, bijaksana dan adil dalam bertindak.

Dubalang merupakan salah satu bagian dari lembaga masyarakat sosial Minangkabau yang diminta Genius serius menjalankan perannya di tengah masyarakat. Ia ingin keberadaan Dubalang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa, jika tidak, ia bisa saja menonaktifkan lembaga tersebut.

Genius juga meminta Satpol PP, DPMDes dan Camat memberikan bimbingan sekaligus pembinaan kepada para Dubalang agar keberadaannya menjadi lebih efektif di tengah masyarakat desa.

"Dalam menjalankan perannya, Dubalang bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas Polri dan Babinsa TNI yang sama-sama bertugas mengayomi masyarakat desa, menjaga keamanan, sekaligus menyelesaikan berbagai persoalan masyarakat tingkat desa," sambung doktor ilmu kebijakan publik lulusan IPB itu.

Sebelumnya, Dubalang dibentuk untuk menjaga desa guna mengaktifkan kembali kearifan lokal kehidupan sosial Minangkabau di Pariaman. Dubalang juga menerima honor tiap bulannya yang dianggarkan melalui APBDes di setiap desa. (Desi/OLP)

×
Berita Terbaru Update