Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Meski Masuk RPJMD Padangpariaman, Belum Semua Nagari Mendukung Program PKK

14 Desember 2020 | 14.12.20 WIB Last Updated 2020-12-14T13:47:44Z

Suasana rapat koordinasi dan konsolidasi pendamping dana desa dengan program PKK, bagi nagari dan kecamatan se Kabupaten Padangpariaman. Foto: istimewa

Paritmalintang - Pemkab Padangpariaman mendorong peran PKK di masing-masing nagari yang ada di Padangpariaman. Di samping itu juga menkonsolidasikan pendamping dana desa dengan program PKK. Baik PKK kanagarian maupun PKK tingkat kecamatan.

"Sesuai dengan kebutuhan masyarakat nagari yang nantinya akan ditindaklanjuti oleh PKK tingkat kecamatan dan kabupaten," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Manusia dan Desa Padangpariaman, Erman di Paritmalintang, Senin (14/12).

Erman menuturkan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari (APBNag) bisa digunakan dalam bentuk dukungan operasional guna menyokong program PKK di setiap nagari.

"Tentu ada porsinya dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di tiap-tiap nagari," sambungnya.

Sekretaris PKK Kabupaten Padangpariaman, Des Erman menyebut sejak 2017 APBNag boleh mendukung kegiatan PKK selama kegiatanya tidak berbenturan dengan aturan lainnya. Namun masih tetap saja beberapa nagari dan kecamatan belum memahaminya.

"Masih ada beberapa perangkat PKK di nagari dan kecamatan masih bertanya tentang SPJ program dan beberapa hal lain," kata Des Erman.

Oleh sebab itu, Des Erman meminta agar PKK tiap nagari dan kecamatan lebih memahami program PKK dan meningkatkan kreativitas mereka demi kesejahteraan keluarga di Padangpariaman.

Selama pandemi Covid-19, ia memaklumi beberapa kegiatan PKK terhalang karena terkait protokol kesehatan seperti batalnya Jambore PKK tingkat Kabupaten Padangpariaman.

Kegiatan PKK sendiri setiap tahunnya telah diatur dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Padangpariaman. Setiap nagari wajib mengalokasikan anggaran Rp 15 juta tiap tahunnya demi mendukung program PKK tingkat nagari. (Tim)

×
Berita Terbaru Update