Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Padangpariaman Paparkan Progress Smart City ke Panelis Kementerian Kominfo

23 November 2020 | 23.11.20 WIB Last Updated 2020-11-23T12:48:49Z

Sekretaris Daerah Jonpriadi mengekpsos secara virtual Master Plan Smart City ke Tim Kemenkominfo di Parit Malintang, Senin (23/11).
Sekretaris Daerah Jonpriadi mengekpsos secara virtual Master Plan Smart City ke Tim Kemenkominfo di Parit Malintang, Senin (23/11).
Pariaman - Sekretaris Daerah Kabupaten Padangpariaman, Jonpriadi memaparkan kemajuan program Masterplan Smart City Kabupaten Padangpariaman kepada Tim Panelis Kemenkominfo RI.

Pemaparan secara virtual tersebut sebagai evaluasi dan monitoring saat Padangpariaman telah dipilih sebagai Pilot Project 100 kabupaten dan kota Smart City se-Indonesia.

"Kita sudah siapkan infrastruktur, SDM, Inovasi yang bermanfaat kepada masyarakat dalam rangka penerapan smart city. Contohnya aplikasi perizinan online dan sistim pencatatan kelahiran dan kematian pada Disdukcapil," kata Jonpriadi didampingi Kepala Inspektorat, Hendra Aswara di Ruang Command Center, Kantor Bupati, Parit Malintang, Senin (23/11).

Sedangkan menghadapi pandemi Covid-19, kata Sekda, layanan publik juga mengalami perubahan dimana setiap OPD saat ini menggunakan teknologi informasi. Seperti penerapan tanda tangan digital, aplikasi pengaduan online dan absensi elektronik.

"Sejak tahun 2019 kita komit dan fokus untuk penerapan smart city karena manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," ujar mantan Kepala Bappeda itu.

Kepala Inspektorat Padangpariaman, Hendra Aswara mengatakan bahwa penerapan Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Ke depan, kata Hendra, juga akan dilakukan audit impelementasi SPBE di pemerintah daerah, khususnya pada perangkat daerah.

"Penerapan SPBE di suatu daerah merupakan indikator untuk penyaluran Dana Insentif Daerah (DID). Jadi mau tidak mau, kita harus bergerak mendorong OPD untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam layanan publik," ujar mantan Kadis Perizinan itu. (Tim)

×
Berita Terbaru Update