Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sediakan Emergency Call 119, Pariaman Terima 21 Unit Motor dan 1 Ambulance

16 September 2020 | 16.9.20 WIB Last Updated 2020-09-16T14:04:40Z


Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar serahkan 21 unit kendaraan bermotor roda dua untuk petugas keliling di 7 Puskesmas yang ada di kota Pariaman dan 1 unit mobil ambulance yang diserahkan kepada dinas kesehatan.

Kendaraan operasional tersebut, kata Genius merupakan bantuan pusat yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) untuk bidang kesehatan.

"Bantuan ini tentunya akan menunjang kinerja petugas kesehatan di kota Pariaman, apalagi di masa pandemi Covid-19," kata Genius Umar.

Menurut Genius, fasilitas kesehatan keliling sangat dibutuhkan pihaknya guna melayani kesehatan masyarakat Pariaman. Ia berharap bantuan tersebut akan meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan kesehatan petugas di lapangan.

Kepala Dinas Kesehatan Pariaman, Syahrul mengatakan mobil ambulance bantuan tersebut akan mereka gunakan sebagai ambulan emergency public safety centre (PSC) 119.

PSC 119, kata dia, merupakan pusat komunikasi dan tim reaksi cepat pertolongan pertama pada kasus krisis kesehatan akibat bencana, kecelakaan kerja, dan kebakaran, serta kecelakaan lalu lintas dengan tempat pelayanan kesehatan darurat yang sesuai.

"PSC berfungsi untuk menanggapi kegawatdaruratan secara cepat, tepat, dan cermat bagi masyarakat dengan sistem kerja yang diselenggarakan secara bersama-sama dengan unit kerja lainnya yang sudah terhubung langsung untuk seluruh Indonesia," ujarnya.

Mobil Gawat Darurat PSC 119, sambung dia, dikelola langsung oleh dinas kesehatan dan terhubung dengan puskesmas dan puskesmas dengan puskelnya.

"Jika ada kejadian yang memang memerlukan banyak unit, nanti kita langsung sambungkan ke puskel di 7 puskesmas dan RS Sadikin," sebut dia.

Jika ada masyarakat Pariaman yang memerlukan bantuan segera, kata dia bisa langsung hubungi nomor telepon 119. Sementara untuk gedung pelayanan PSC sedang dia siapkan di lingkungan kantor dinas kesehatan.

"Fasilitas PSC baik itu alat-alat medisnya, petugas pelayanan kesehatan akan selalu stand by selama 24 jam setiap hari. Jelang gedung selesai, sementara kita menggunakan fasilitas yang ada di dinas," tandasnya. (Tim)

×
Berita Terbaru Update