Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dinilai Pemimpin Pro Ulama, Ali Mukhni: Itu Didikan dan Amanah Orang Tua

14 September 2020 | 14.9.20 WIB Last Updated 2020-09-14T05:05:36Z


Sintoga - Bupati Padangpariaman Ali Mukhni ungkap kenapa dirinya selama ini dekat dengan para ulama dan banyak membangun rumah-rumah ibadah di Padangpariaman.

Ternyata, kedekatannya dengan kaum surau dan para alim tersebut merupakan amanah dan didikan dari almarhum kedua orangtuanya.

"Saat orang tua masih hidup mereka berpesan agar kami peduli dengan kesejahteraan dan pembangunan masjid dan dekat dengan ulama agar selalu berada di jalan yang diridhoi Allah," kata Ali Mukhni saat menghadiri acara batagak kudo-kudo Masjid Raya Sintuak Toboh Gadang, Minggu (13/9).

Kedua orangtuanya, sambung Ali Mukhni selalu menekankan didikan agama sejak dirinya kecil secara disiplin. Mereka juga menanamkan norma dan nilai-nilai moral sebagai pegangan hidupnya saat ini.

Dua periode menjabat bupati, perhatian Ali Mukhni pada sektor keagamaan tersebut mendapat perhatian Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin sebagai pemerintah daerah pembangunan pendidikan dan kontribusi dalam pembangunan MAN Insan Cendikia pada 2017.

Kemudian ia juga menerima penghargaan dari Kanwil Kemenag Sumatra Barat atas jasanya dalam mewujudkan pembangunan Asrama Haji beserta MAN Insan Cendikia yang berlokasi di Padangpariaman.

Ali Mukhni menuturkan ia sebenarnya tidak pernah membanggakan prestasi tersebut karena memang sudah kewajibannya sebagai umat Muslim untuk mensyiarkan agama. Untuk itu ia juga memberikan insentif bagi imam, khatib dan garin, membangun rusunawa bagi pesantren, umrah bagi qori dan qoriah berprestasi serta hadiah bagi khatam Alquran selama bulan Ramadhan.

"Dalam menjalankan pemerintahan, kami juga melibatkan ulama. Kedekatan antara ulama dan umara sangat terlihat di Padangpariaman. Alhamdulillah, pembangunan berjalan lancar sesuai harapan masyarakat,” imbuhnya.

Pada masa pandemi Covid-19, Bupati Ali Mukhni juga menunjukkan kepeduliannya kepada ulama. Aksi nyatanya yaitu memberikan dana Rp 170 juta untuk membantu 340 ulama yang tersebar di seluruh kecamatan yang kena imbas ekonomi dampak pandemi.

Calon wakil gubernur Sumbar itu juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa Padangpariaman dipercaya sebagai lokasi pembukaan MTQ Nasional pada bulan November mendatang.

Acara akbar tersebut akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo yang diseenggarakan di Stadion Utama Sumbar di Sikabu, Lubuk Alung.

“MTQ bertujuan syiar dakwah dan membumikan Alquran dalam kehidupan masyarakat. Mari kita sukseskan MTQ nasional yang tinggal lebih kurang 60 hari lagi,” tandasnya. (Tim)

×
Berita Terbaru Update