Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bawaslu Temukan TNI, Polri, ASN Beri Dukungan ke Calon Independen Pilbup dan Pilgub

15 Juli 2020 | 15.7.20 WIB Last Updated 2020-07-15T13:18:48Z
Ketua Bawaslu Padangpariaman, Anton Ishaq. Foto: istimewa
Padangpariaman - Bawaslu Padangpariaman temukan dukungan tidak memenuhi syarat (TMS) kepada bakal calon yang maju dari jalur perseorangan. Baik untuk Pilkada Padangpariaman maupun Pilgub Sumbar.
 
"Kita temukan 159 pendukung bakal calon bupati jalur perseorangan saat pengawasan verifikasi faktual lapangan dari 27 Juni hingga 10 Juli," ungkap Ketua Bawaslu Padangpariaman Anton Ishaq di Pariaman, Rabu (15/7).

Dari sejumlah TMS tersebut ditemui 1 orang TNI, 2 anggota Polri, 20 ASN, 31 penyelenggara pemilu, dan 105 orang yang memiliki status sebagai perangkat nagari.

Sedangkan dukungan TMS untuk bakal calon independen Pilgub Sumbar, sambung dia, terdapat 137 berkas dukungan TMS. Terdiri dari 1 anggota Polri, 24 ASN, 22 penyelenggara pemilu dan 90 orang perangkat nagari.

"Mereka merupakan kategori orang yang dilarang memberikan dukungan berdasarkan pekerjaan dan profesi," sambungnya.

Anton menyebut selama proses verifikasi lapangan petugas sudah melaksanakan pekerjaannya dengan teliti. Baik dalam hal data maupun aturan.

"Jajaran KPU dalam hal ini verifikator dan PPS sepanjang pengawasan yang kami lakukan, telah memahami dan mengetahui kriteria TMS yang diberi kode TMS-4," sebutnya.

Pihaknya akan segera memplenokan hasil verifikasi faktual tingkat kabupaten pada 20-21 Juli mendatang, sedangkan untuk hasil verifikasi faktual calon independen Pilgub akan direkapitulasi oleh tingkat provinsi. (OLP)
×
Berita Terbaru Update