Cek New Normal Pariaman, Gubernur Tinjau Pembangunan Pasar dan Objek Wisata

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno beserta jajaran Gustu Covid-19 Sumbar tinjau pembangunan pasar dan objek wisata Pariaman. Foto: Fadli
Pariaman - Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno cek penerapan tatanan normal baru selepas PSBB di kota Pariaman. Ia meninjau pasar penampungan sementara pasar Pariaman dan pembangunan Pasar Pariaman yang baru, sekaligus meninjau sejumlah objek wisata di Pariaman, Sabtu (20/6).

Gubernur mengapresiasi dukungan masyarakat Pariaman atas dibangunnya pasar baru dari yang sebelumnya pernah mengalami beberapa kali guncangan akibat gempa besar. Gubernur juga meminta agar Pasar Pariaman nantinya terintegrasi dengan pariwisata Pariaman.

"Sebelumnya pedagang was-was menempati kios di pasar lama, pengunjung juga tidak nyaman. Alhamdulillah berkat perjuangan walikota Pariaman, melalui Diskresi Presiden, Pasar Pariaman dibangun melalui dana APBN," kata Irwan.

Ia memuji kepiawaian Genius Umar melobi pemerintah pusat hingga baru hitungan bulan menjabat walikota, Genius langsung mendatangkan dua menteri sekaligus ke Pariaman. Dari sanalah Pariaman mulai mendapat perhatian pemerintah pusat dan berakhir dengan kucuran APBN untuk berbagai pembangunan di Pariaman.

Pasar Pariaman sebelumnya diperkirakan selesai pada September 2020, namun karena wabah Covid-19, menjadi molor hingga Desember 2020.

"Setelah selesai pedagang dan pengunjung akan menikmati pasar yang nyaman, aman dan bersih," kata Irwan.

Walikota Pariaman Genius Umar menyebut hingga saat ini bobot pembangunan Pasar Pariaman telah mencapai 60 persen. Karena Sumatra Barat rawan bencana gempa bumi, Pasar Pariaman yang dibangun empat lantai itu juga dilengkapi shelter.

Terkait sedikit molornya jadwal selesai pembangunan Pasar Pariaman akibat Covid-19, Genius meminta masyarakat dan pedagang bersabar.

"Pembangunan Pasar Pariaman menggunakan konsep hijau sehingga pedagang dan pengunjung akan merasa lebih nyaman," ungkap Genius.

Usai meninjau Pasar Pariaman, Gubernur beserta rombongan Gugus Tugas Covid-19 Sumatra Barat langsung meninjau objek wisata Pariaman.

Irwan Prayitno memuji kebersihan pantai Pariaman dan sejumlah infrastruktur penunjang yang ditata apik guna menarik minat pengunjung.

Berbagai pembangunan, menurut gubernur tetap menjaga keasrian pantai dengan tidak menebang pepohonan sehingga Pantai Pariaman tetap teduh.

Sedangkan untuk wisata pulau, Gubernur siap mengalokasikan APBD Sumbar hingga 40 persen dari anggaran - sebagaimana rencana Genius Umar - yang akan mempercantik Pulau Tangah pada tahun depan. (Phaik/OLP)