Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Berpotensi Patah dan Menimpa, Sejumlah Pohon Pelindung Dipangkas

7 Februari 2020 | 7.2.20 WIB Last Updated 2020-02-07T00:53:27Z
Mardison Mahyuddin pantau langsung penebangan dahan pohon pelindung di sejumlah lokasi di Pariaman. Foto: istimewa
Pariaman - Pemko Pariaman pangkas sejumlah dahan pohon pelindung yang sudah tua guna mengantisipasi angin kencang disertai badai atau anomali cuaca.

"Kita potong sebagian dahan pohon untuk antisipasi angin kencang dan badai agar tidak menimpa masyarakat Pariaman. Ini sekaligus peremajaan pada pohon agar dahan yang baru tumbuh kembali," kata Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin di Pariaman, Jumat (7/2).

Peremajaan pada pohon dengan memotong dahannya, kata Mardison dilakukan serentak di seluruh kota Pariaman. Sasarannya adalah pohon yang sudah tua dan memiliki dahan dan ranting yang lebat.

"Pohon pelindung sangat dibutuhkan dari teriknya matahari. Makanya hanya dahannya saja yang kita tebang," sambung Mardison.

Dalam hal ini Mardison meminta partisipasi masyarakat jika ada pohon pelindung di daerahnya yang luput dari pemangkasan. Masyarakat bisa menghubungi dinas terkait atau melakukannya secara swadaya.

"Tapi hanya pada dahan yang berpotensi. Seperti lapuk dan amat lebat. Menebang secara keseluruhan tidak diperbolehkan karena pohon bagian dari penghijauan kota," sebutnya.

Sejak dua minggu terakhir sejumlah dahan pohon patah dan menutupi badan jalan akibat kuatnya terpaan angin kencang disertai hujan badai. Pihak Pemko Pariaman telah mensiagakan jajarannya saat memasuki musim penghujan dan badai di awal tahun ini.

"Masyarakat mesti hati-hati keluar saat angin kencang. Hindari berdiri atau saat melewati pepohononan," tandasnya. (Juned/OLP)
×
Berita Terbaru Update