Golkar Padangpariaman Usulkan Datuak Lung dan Bujang Pandawa Maju Pilkada Padangpariaman

Syahrul Datuak Lung. Foto: istimewa
Lubuk Alung - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Padangpariaman akan menjaring bakal calon bupati dan wakil bupati Padangpariaman untuk diusung pada pemilihan bupati dan wakil bupati Padangpariaman 2020 mendatang.

"Dalam waktu dekat kita memulai penjaringan bakal calon karena pilkada sudah dekat. Tahapan awalnya sebentar lagi akan dimulai," kata Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Padangpariaman, Syahrul Datuak Lung usai acara pendidikan kader Partai Golkar di Lubuk Alung, Sabtu (31/8). 

Aspirasi kader partai berlambang pohon beringin itu memunculkan dua nama bakal calon. Keduanya yakni, Syahrul Datuak Lung dan Bujang Pandawa.

"Ada dua nama yang diapungkan kawan-kawan, saya dan Bujang Pandawa. Sementara baru itu, masih banyak nama lain dari Golkar yang belum muncul," lanjut dia.

Ia menyebut, pengusungan calon bupati dan wakil bupati Padangpariaman tidak wajib berasal dari kader partai. Kandidat lain bisa diusung asalkan layak untuk menjadi kepala daerah.

"Tidak persoalan apakah mengusung kader atau non kader, yang jelas kandidat memiliki kemampuan membangun daerah. Punya jiwa kepemimpinan," sebutnya.

Di tahapan penjaringan, bakal calon akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan salah satunya dengan bedah visi dan misi kandidat.

"Nama-nama akan diusulkan DPD ke DPP untuk ditetapkan," ulasnya.

Partai Golkar memiliki 4 kursi di DPRD Kabupaten Padangpariaman. Kondisi itu membuat partai ini belum bisa mengusung pasangan calonnya sendiri.

Partai Golkar harus berkoalisi dengan partai lain minimal mengumpulkan 8 kursi untuk dapat mengusung satu pasangan calon bupati dan wakil bupati.

"Harus membangun koalisi dengan kawan-kawan lain. Komunikasi politik dengan partai-partai lain sudah kita lakukan. Untuk intensifnya, kita tunggu penjaringan dulu," pungkasnya. (Nanda)