Aprinaldi: DPRD Padangpariaman Akan Jalani Training SQ

Aprinaldi, M.Pd
Pariaman - Politisi PAN Padangpariaman, Aprinaldi dipercaya DPP PAN menduduki kursi pimpinan DPRD Padangpariaman definitif periodesasi 2019-2024. SK penunjukan DPP partai berlambang matahari terbit itu telah keluar sejak lima belas hari lalu.

Mantan ketua KONI Padangpariaman ini tidak asing lagi bagi publik Pariaman dan Padangpariaman. Pria 36 tahun itu dikenal berbakat alami memimpin, bahkan sejak ia baru mengenyam pendidikan dasar. Hampir seluruh organisasi yang dipimpinnya mendulang prestasi.

Meski belum dilantik secara definitif, mantan ketua BEM UNP dan ketua SAPMA PP Sumbar ini berjanji akan memberikan kemampuan terbaiknya saat memimpin lembaga legislatif nanti. Ke depan, sejumlah program akan ia coba aplikasikan. Salah satunya program pengembangan sumber daya manusia di internal dewan sendiri dengan SQ.

"Kecerdasan spiritual (SQ) erat kaitannya dengan keadaan jiwa, batin dan rohani seseorang," kata Aprinaldi, Jumat (6/9).

Kecerdasan spiritual (SQ) dianggap adalah kecerdasan tertinggi dari kecerdasan lain seperti kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emsoional (EQ). Hal ini dikarenakan ketika orang sudah memiliki kecerdasan spiritual (SQ), orang itu mampu memaknai kehidupan sehingga dapat hidup dengan penuh kebijaksanaan. Atas dasar itulah magister ilmu olahraga itu ingin menerapkan program yang biasanya wajib oleh perusahaan-perusahaan bonafit tersebut di lembaga dewan.

"Spiritual dan moralitas adalah hal utama yang mesti dimiliki semua orang. Profesi apa pun. SQ kita aplikasikan guna peningkatan SDM agar semua kami memiliki batin yang lebih cerah sesuai dengan keimanan Islam, sehingga bekerja dengan penuh amanah," kata putra Kampung Dalam itu.

Ia berharap rencananya tersebut mendapat dukungan penuh oleh sesama rekan-rekannya di dewan nanti. 

"Saya pikir rekan-rekan di dewan akan mendukungnya karena hal ini penting bagi pengembangan diri mereka sendiri," kata pria yang sering memberi mata kuliah soft skill di berbagai universitas ini.

Sebagaimana diketahui DPP PAN akhirnya menetapkan mantan Ketua KONI Kabupaten Padangpariaman, Aprinaldi mengisi posisi wakil ketua DPRD Padangpariaman. Dari 40 kursi di DPRD, PAN Padangpariaman raih 7 kursi.

Sementara DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menetapkan Ketua DPD PKS Kabupaten Padangpariaman, Risdianto sebagai wakil ketua DPRD Padangpariaman. Sedangkan dari Gerindra sebagai pemenang pemilu, masih menunggu.

Ketua DPD PAN Kabupaten Padangpariaman, Suhatri Bur ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Rabu (4/9) lalu mengatakan Surat Keputusan pimpinan dewan diterimanya dua minggu yang lalu. 

"Kira-kira SK turunnya dua minggu yang lalu. Kita juga telah kirimkan ke DPRD," katanya.

Ia berharap dengan adanya kader PAN menjadi unsur pimpinan di DPRD Padangpariaman, dukungan terhadap pembangunan yang dilakukan Pemkab Padangpariaman makin kuat. (OLP)