Agar Sehat, Ali Mukhni Ajak Masyarakat Perbayak Aktivitas Fisik

Bupati serahkan alat kebersihan di acara implikasi Germas Padangpariaman. Foto: istimewa
Parikmalintang - Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni ikut meriahkan Implementasi Gerakan Masyrakat Hidup Sehat (Germas) Padangpariaman ke-2 sekaligus memperingati Hari Olahraga Nasional(Haornas)  2019 di Parikmalintang, Selasa (10/9).

Bupati Ali Mukhni dalam sambutannya mengajak masyarakat menyempatkan diri untuk berolahraga, minimal 30 menit setiap hari.

Salah satu indikator hidup sehat, kata dia, harus rela mengorbankan apapun demi kesehatan. Hal ini sejalan dengan lima indikator Germas yaitu aktivitas fisik, budaya makan buah dan sayur, cek kesehatan secara rutin, tidak merokok dan menggunakan jamban sehat.

Seiring dengan indikator Germas tersebut, Ali Mukhni mengajak masyarakat untuk melakukan peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan peningkatan hidup sehat.

"Rutin berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat," kata dia.

Hidup sehat, kata dia mesti dimulai dari diri sendiri. Jika sudah sadar akan pentingnya kesehatan, maka hidup sehat dapat dilaksanakan.

Ia mengajak masyarakat berkomitmen pada diri sendiri untuk menjaga kesehatan baik itu kesehatan pribadi maupun lingkungan sekitar.

"Kepada yang masih merokok, mulailah untuk berhenti. Setidaknya jangan kotori udara sekitar dengan asap rokok. Kemudian perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran," kata dia. (Tim)