Empat Negara Akan Bersaing di Kejurnas Sepaturoda Pariaman

Salah satu perlombaan yang digelar di sirkuit Pantai Cermin. Foto: istimewa
Pariaman - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman bakal menggelar Kejuaraan Nasional Sepatu Roda Piala Walikota Pariaman 2019 pada 4 - 6 Oktober 2019 mendatang.

Sekitar 500 orang atlit sepatu roda akan beradu kecepatan dan keterampilan di lintasan sepatu roda Pantai Cermin.

Selain diikuti oleh atlet nasional, Kejurnas yang memperebutkan hadiah total lebih dari Rp114 juta ini juga diikuti atlet sepatu roda dari luar negeri. 

Atlet itu berasal dari sejumlah negara di Asia dan Australia seperti India, Selandia Baru, Tiongkok, Singapura, Thailand. 

Mereka akan menjajal lintasan sepatu roda permanen kebanggaan warga Pariaman itu.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman, Kanderi mengungkapkan ada 90 kelas yang akan dilombakan berdasarkan usia, senior dan junior.

"Hadiahnya sangat menarik. Tapi yang lebih menariknya adalah level kejurnasnya ini. Itu lebih menarik dibandingkan sekadar hadiah," katanya di Pariaman, Senin (19/8).

Selain untuk pengembangan dan pembinaan atlet sepatu roda, lanjut Kanderi, kejurnas merupakan sport tourism yang menyedot kehadiran ribuan wisatawan ke Kota Pariaman.

"Berolahraga sambil berwisata. Nanti peserta ada bawa keluarga juga, mereka bisa sambil liburan di Kota Pariaman," ujarnya.

Pemkot Matangkan Persiapan Kejurnas

Pemkot Pariaman terus memaksimalkan persiapan kejurnas yang tinggal hitungan hari itu. 

Dalam waktu dekat akan dilakukan perbaikan dan penambahan fasilitas tambahan dilintasan sepatu roda Pantai Cermin yang dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPU PR) Kota Pariaman.

Pemkot Pariaman bekerjasama dengan PB Perserosi dalam waktu dekat mulai mengirimkan undangan kepada Pengrov dan Pengcab Perserosi se Indonesia dan tim sepatu roda mancangera.

"Untuk kepanitian teknis kita kerjasama dengan PB Perserori, Pengrov dan Pengcab Perserosi Kota Pariaman. Kita juga ada membentuk panitia lokal," kata Sekretaris Disdikpora Kota Pariaman, Hartati Taher.

Pihaknya juga telah melakukan pendataan hotel dan penginapan Kota Pariaman untuk ditempati oleh atlit dan ofisial selama pelaksanaan kejurnas

"Akomodasi sangat bisa menampung seluruh atlet dan ofisial dan wisatawan yang datang. Begitu juga dengan tempat makan, kami sudah survei," lanjutnya.

Menurut Hartati, pihaknya akan memanfaatkan secara maksimal iven kejurnas untuk mempromosikan pariwisata di Kota Pariaman.

"Dalam buku panduan teknis kejuaraan, kami juga siapkan liflet informasi tentang wisata dan budaya Kota Pariaman. Informasi tentang kejuaraan tersampaikan, wisatawan dan atlet jadi tahu potensi daerah kita," pungkasnya.

Selain kejuaraan sepatu roda, Kota Pariaman dalam tahun ini juga bakal menyelenggarakan sport tourism lainnya seperti Pariaman International Triathloan dan grand start Tour de Singkarak. (Nanda)