Jaksa Pariaman Lepas Tukik dan Gelar Aksi Bersih Pantai

Foto: Nanda
Pariaman - Memperingati hari Bhakti Adhyaksa ke-59 dan hari ulang tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke-19, Kejaksaan Negeri Pariaman melakukan aksi bersih pantai di kawasan penangkapan penyu Desa Ampalu, Kota Pariaman, Kamis (11/7) pagi.

Aksi yang melibatkan pegawai Kejari Pariaman, personil Koramil 01/Pariaman dan Pemko Pariaman ini, bersamaan dengan Gerakan Indonesia Bersih yang dicanangkan oleh Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Selain membersihkan pantai, peserta kegiatan yang ikut melibatkan keluarga pegawai Kejari Pariaman itu, ditutup dengan pelepasan anak penyu (tukiak) ke pantai. 

Kajari Pariaman, Efrianto, mengatakan kegiatan ini untuk menumbuhkan kepedulian terhadap kebersihan pantai yang menjadi destinasi wisata di Kota Pariaman. 

Dalam kegiatan ini, pihaknya sengaja melinbatkan anak-anak pegawai Kejari Pariaman dalam pelepasan anak penyu untuk mengampanyekan pelestarian lingkungan dan ekosistem laut sejak dini.

"Karena ini sangat penting, maka harus kita tanamkan sejak kecil. Menjaga kebersihan dan ekosistim laut, perlu usaha bersama," katanya.

Menurut Efrianto, Kejari Pariaman terus berupaya mengampanyekan Gerakan Indonesia Bersih kepada masyarakat. Dengan kampanye yang dilakukan, ia berharap masyarakat sadar bahwa perilaku membuang sampah sembarangan merugikan diri mereka dan orang lain.

"Dimulai dari penanaman nilai-nilai seperti itu. Kita memotivasi masyarakat juga," tandasnya. (Nanda)