Volume Sampah Naik 3 Kali Lipat Selama Lebaran di Pariaman, Begini Penanganannya

Petugas kebersihan bekerja siang dan malam selama musim liburan lebaran di Pariaman. Foto: istimewa
Pariaman - Seiring membludaknya kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman, volume sampah juga meningkat. Bahkan peningkatannya mencapai 300 persen per hari.

"Biasanya per hari volume sampah sekitar 20 ton, namun sejak hari pertama lebaran volume sampah terus meningkat menjadi 65 ton per harinya. Artinya ada peningkatan lebih dari 300 persen per hari," ungkap Plt Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kota Pariaman (Perkim LH), Muhammad Syukri di Pariaman, Rabu (12/6).

Peningkatan volume sampah paling dominan di kawasan wisata seperti Pantai Gandoriah, Pantai Kata, hingga Pasar Pariaman dan Pasar Kuraitaji.

Untuk itu, Dinas Perkim LH Kota Pariaman menurunkan sebanyak 36 petugas kebersihan ditambah dengan tiga truk sampah setiap harinya.

Selain itu, khusus kawasan panggung Pentas Gandoriah dan Playground Monumen TNI AL juga disiapkan petugas kebersihan sepanjang hari.

"Petugas kebersihan ini ditugaskan dua shift pada pagi pukul 06.00 Wib dan malam pada pukul 22.00 Wib," pungkasnya.

Sebelumnya Walikota Pariaman, Genius Umar mengimbau kesadaran pengunjung dan masyarakat menjaga kebersihan selama berada di kawasan wisata Pariaman.

"Kesadaran membuang sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan. Jangan buang sembarangan. Mari kita budayakan membuang sampah pada tempatnya," kata Genius. (Tim)