Terjebak Macet Pantau Objek Wisata, Mardison Turun Tangan Atur Lalulintas

Foto: Nanda
Pariaman - Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin turun tangan membantu pengaturan arus lalulintas kendaraan yang mengalami kemacetan dijalan SM. Abidin, tepatnya di depan Stasiun Kereta Api Pariaman.

Kala itu, Mardison Mahyuddin dalam perjalanan menuju Pantai Gondariah untuk memantau kunjungan dan pelayanan kepada wisatawan, Selasa (11/6) pagi. 

Kendaraan dinas Pajero Sport Dakkar dengan nopol BA 2 W yang ditumpangi Wawako iu terjebak macet. 

Ruas jalan yang sempit, ditambah lagi ada kendaraan parkir menggunakan badan jalan dan pejalan kaki, membuat arus kendaraan tersendat.

Melihat itu, spontan saja Mardison turun dari mobil dan ikut mengatur lalulintas. Kemacetan kendaraan pun dapat terurai, arus kendaraan kembali lancar.

Mardison menginstruksikan Dinas Perhubungan berkoordinasi dengan Satlantas Polres Pariaman memberlakukan jalan satu arah di jalur yang berdekatan dengan pasar penampungan sementara.

"Jalan di sini sempit, belum ada aktivitas pedagang juga sehingga terjadi sumbatan arus di sini. Sebaiknya ini diberlakukan satu arah saja," katanya.

Menurutnya, ruas Jalan SM Abidin dilewati banyak kendaraan yang hendak menuju objek wisata pantai di Kota Pariaman. 

Jalur ini juga ditempuh oleh pengendara dari daerah Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Padangpariaman sebagai jalan pintas menuju Bandara BIM dan Kota Pariaman.

"Makanya volumenya kendaraan di ruas ini cukup padat. Kita utamakan wisatawan yang ingin mengarah objek wisata, bagi pengendara yang melintas menuju Kota Padang, dapat dialihkan untuk menghindari kemacetan," ulasnya.

Ia mengimbau agar penguna jalan dan wisatawan tidak menggunakan jalan saat memarkir kendaraan. Hal itu akan membuat ruas jalan menyempit dan menyebabkan kemacetan.

"Petugas juga tolong diingkatkan pengguna jalan dan wisawatan agar tidak parkir di badan jalan, arahkan parkir di tempat yang telah disediakan," pungkasnya.

Usai melakukan pengaturan lalulintas, Mardison melanjutkan memantau Pantai Pariaman dengan mengecek harga dagangan dan kebersihan pantai. (Nanda).