4 Parpol Diprediksi Raih 3 Kursi DPRD Pariaman: PDIP Nihil, PPP Melejit

Mardison Mahyuddin bersama keluaraga berikan hak suara pada Pemilu serentak 2019. Foto: istimewa
Pariaman - Empat partai politik hampir dipastikan mendapatkan tiga kursi atau setara satu fraksi di DPRD Kota Pariaman periodesasi dewan 2019-2024. Dari data yang dihimpun tim pariamantoday.com dari form C1, keempat partai tersebut adalah Gerindra, Golkar, PPP dan Nasdem.

Meski data tersebut belum hasil resmi KPU Kota Pariaman, sejumlah partai politik - melalui hasil tabulasi internalnya - mengamini hal tersebut.

Ketua DPD Golkar Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin menyebut perolehan suara Partai Golkar Kota Pariaman cukup memuaskan. Perolehan kursi mereka sama dengan pemilu legislatif 2014 silam, yakni tiga kursi.

"Data form C1 hampir rampung kita hitung. Hasilnya kita kembali meraih tiga kursi, satu kursi per dapil (daerah pemilihan)," ungkap Mardison Mahyuddin di Pariaman, Sabtu (20/4).

Mardison memprediksi suara Partai Golkar mencapai 6.000 suara. Namun demikian ia belum bisa memprediksi memenangkan raihan suara mengingat menunggu rampungnya hasil rekapitulasi form C1 internal.

Untuk diketahui, saingan terdekat Partai Golkar adalah Partai Gerindra yang juga meraih tiga kursi DPRD. Golkar atau Gerindra - satu di antara mereka - dipastikan akan meraih kursi ketua DPRD Kota Pariaman.

Dari hasil penghitungan sementara atau lebih tepatnya prediksi sementara, di bawah Golkar dan Gerindra ada PPP dan Partai NasDem yang sama-sama diprediksi meraih tiga kursi DPRD, satu kursi per dapil.

Partai NasDem berhasil mempertahankan perolehan kursinya dengan perolehan kursi pemilu 2014. Sedangkan PPP, naik satu kursi dibandingkan pemilu 2014 yang hanya dua kursi. Kini PPP meraih satu kursi per dapil. Pada pemilu 2014, PPP absen di dapil Pariaman Tengah.

Sedangkan PBB yang pada pemilu 2014 meraih tiga kursi, pada pemilu 2019 ini hanya puas dengan perolehan dua kursi. Kursi mereka di dapil Pariaman Utara beralih ke Hanura.

Perolehan kursi Partai Hanura juga tereduksi. Jika pada pemilu 2014 meraih dua kursi, pada pemilu 2019 hampir dipastikan hanya meraih satu kursi di dapil Pariaman Utara. Kursi mereka di Pariaman Timur-Selatan pada pemilu 2014 beralih ke Partai Demokrat yang sebelumnya pemilu 2014 nihil kursi.

Partai PKS juga menambah satu kursi dari pemilu 2014 yang hanya satu kursi. PKS berhasil meraih kursi di dapil Pariaman Tengah dan dapil Pariaman Timur-Selatan.

Sementara untuk PDIP yang dulunya satu kursi pada pemilu 2014, sekarang nihil. Sementara Partai PAN berhasil mempertahankan jumlah kursinya dengan pemilu 2014. Dua kursi diraih di dapil Pariaman Tengah dan dapil Pariaman Timur-Selatan. (OLP)