Di Istana, LKAAM Pariaman Usulkan Kepala Desa Ikuti Bela Negara

Walikota Pariaman dan Sekretaris LKAAM Pariaman foto bersama dengan Jenderal (Pur) Moeldoko.
Pariaman - Sekretaris LKAAM Kota Pariaman, Priyaldi, mengusulkan kepada pemerintah pusat agar kepala desa di Indonesia diberikan pendidikan pendahuluan bela negara agar lebih memahami empat pilar kebangsaan.

Jika perlu, kata dia, kepala desa dan perangkatnya dapat mengikuti pendidikan di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia.

Usulan tersebut disampaikan mantan Ketua DPD PAN Kota Pariaman itu kepada Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn), Moeldoko saat kunjungan kepala desa, lurah dan LKAAM se Kota Pariaman ke Istana Negara di Jakarta pada pekan lalu.

Pendidikan tersebut diperlukan memperkuat pemahaman nilai kebangsaan, pendalaman tentang kondisi geopolitik, geostrategis dan geoekonomi Indonesia menyikapi perkembangan yang terus dinamis.

Selain itu, kata Priyaldi, sebagai penyelenggara negara yang bersentuhan langsung dengan masyarakat serta bagi lembaga kemasyarakatan yang menjalankan fungsi sosial budaya, seluruh kepada desa juga baik dibekali pendalaman nilai Ipoleksosbudhankam.

"Idealnya tentu seluruhnya diberikan peluang seperti kepala desa, perangkat dan lembaga kemasyarakatan untuk mendapatkan pendidikan pendahuluan bela negara dalam rangka mengembangkan empat pilar kebangsaan," sebutnya di Pariaman, Rabu (27/3).

Dalam pertemuan singkat itu, Priyaldi menyebut Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn), Moeldoko menyambut baik usulan tersebut. 

Pihaknya akan mempertimbangkan dilakukannya pendidikan pendahuluan bela negara kepada seluruh kepala desa.

"Usulan tersebut akan dipertimbangkan. Pendidikan pendahuluan bela negara perlu kita lakukan," pungkasnya. (Nanda)