Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lomba Masak Sate Piaman Terenak Diborong Pariaman Selatan

16 Agustus 2018 | 16.8.18 WIB Last Updated 2018-08-16T04:37:47Z
Gusniyetti Zaunit serahkan piala dan hadiah tunai bagi para pemenang lomba sate Piaman. Foto/Eri
Pariaman ----- Pariaman dikenal dengan berbagai macam kuliner yang enak menggugah selera, salah satunya adalah Sate Piaman. Berbagai varian rasa sate ada di Pariaman dengan cita rasa bumbu yang berbeda untuk setiap pembuatannya. 

Untuk itulah Disperindagkop dan UKM Kota Pariaman mengadakan Lomba Memasak Sate Pariaman pada Rabu, (15/8) di Pantai Gandoriah dalam rangkaian Pariaman Expo 2018 sekaligus memeriahkan HUT Kota Pariaman yang ke-16 dan HUT RI ke-73.

Kadis Perindagkop dan UKM Gusniyeti Zaunit mengatakan bahwa lomba bertujuan supaya Sate Pariaman lebih dikenal oleh masyarakat luas: bukan hanya di Pariaman sendiri, tetapi hingga menasional.

Dewan juri Lomba Sate Piaman adalah Chef Dedi Wahyudi dari Jakarta, Guru Tata Boga dari SMK Global Pariaman, dan Ketua GOW Kota Pariaman Lucyanel Arlym.

Istri Walikota Pariaman terpilih Lucyanel Arlym - selaku dewan juri - mengimbau agar lomba memasak sate digelar rutin tiap tahunnya. Dengan adanya lomba itu, Pariaman bisa mencari tukang masak sate yang handal dengan tampilan lebih menarik dan higienis.

"Sate Pariaman ini sudah dikenal di seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Pariaman penghasil sate terenak nusantara. Sate juga bisa menjadi salah satu ikon Kota Pariaman dengan hadirnya restoran-restoran yang khusus menjual sate," kata Lucy yang juga seorang dokter ini.

Chef Dedi Wahyudi mengatakan ada tiga kriteria yang menjadi penilaian dari dewan juri. Segi rasa sate itu sendiri, kebersihan dan penampilan penyajian sate.

"Sehingga bisa menggugah selera orang lain untuk mencoba mencicipi rasa sate itu," kata dia. 

Acara lomba memasak sate Piaman diikuti oleh 24 peserta yang dibagi menjadi 12 tim. Masing-masing tim terdiri dari dua orang peserta.

Untuk Juara 1, 2 , dan 3 semuanya di raih oleh Kecamatan Pariaman Selatan. Yakni Desa Rambai, Desa Sikabu dan Desa Palak Aneh.

Sedangkan untuk juara harapan satu diraih Desa Sikapak Timur Kecamatan Pariaman Utara, juara harapan dua dari majelis taklim Arrahman Cimparuah Kecamatan Pariaman Tengah, dan juara harapan tiga diraih oleh Majelis Taklim Nurul Hidayah Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan.

Semua Pemenang mendapatkan uang tunai dan paket kompor serta souvenir dari para sponsor. Bagi yang belum beruntung tetap mendapatkan hadiah berupa souvenir dari para sponsor acara. (Ira/Eri/*)
×
Berita Terbaru Update