Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Diduga Pungli, Polisi OTT Oknum Penjaga Sekolah SMA Sungai Limau

14 Agustus 2018 | 14.8.18 WIB Last Updated 2018-08-14T12:19:04Z
Kapolres Pariaman perlihatkan barang bukti hasil OTT. foto/Nanda
Pariaman ----- Oknum penjaga sekolah SMA Negeri Sungai Limau terjaring Operasi Tangkap Tangkap (OTT) tim sapu bersih pungutan liar (saber pungli) Polres Pariaman, Selasa (14/8) siang.
      
Oknum penjaga sekolah yakni An, 33 tahun, merupakan warga Nagari Koto Tinggi Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padangpariaman. Ia diduga melakukan praktik pungli dengan memungut uang sebesar Rp 60.000 untuk keperluan pengambilan ijazah bagi siswa yang telah lulus.
        
Oknum penjaga sekolah yang berstatus honorer ini, masih berstatus sebagai terlapor dan sedang menjalani pemeriksaan intensif di ruang Satreskrim Polres Pariaman.
       
"Terlapor ini kita amankan saat melakukan pemungutan sejumlah uang kepada orangtua murid untuk biaya pengambilan ijazah siswa yang telah lulus di SMA itu.
      
Dalam OTT itu, tim saber pungli Polres Pariaman mengamankan barang bukti uang tunai sebesar Rp9.767.000 yang diduga hasil pemungutan ijazah siswa SMA yang belum diambil, daftar serah terima ijazah ex siswa, kartu bebas pustaka, stempel legalisir atas nama kepala SMA dan stempel tanda tangan kepala sekolah.
     
Dikatakannya, dari keterangan terlapor, praktik pungutan itu telah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu. Modusnya sama, pungutan untuk menebus ijazah siswa yang telah lulus.
      
Menurut AKBP Andry, pihaknya terus mendalami keterlibatan pihak lain dalam praktik pungutan liar di instansi pendididikan SMA Negeri di Sungai Limau itu. Selain oknum penjaga sekolah, penyidik juga telah memeriksa 6 orang saksi.
      
"Kita akan dalami siapa yang memerintahkan pungutan ini, uangnya disetor untuk siapa. Saat ini terlapor masih kita ambil keterangannya," pungkasnya. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update