Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PKDP Sumbar Ingin Ali Mukhni 'Dirumah-Bagonjongkan'

23 Juli 2018 | 23.7.18 WIB Last Updated 2018-07-23T03:00:38Z
Bupati Ali Mukhni menyambut kedatangan perantau pada acara Halal bi Halal dan Silaturahmi PKDP se-Sumbar di Aula Kantor Bupati di Parit Malintang, Sabtu (21/7). Foto/Hendra
Paritmalintang ----- Ketua DPW Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Provinsi Sumatera Barat, Ramah Saleh, apresiasi Bupati Ali Mukhni dalam memacu berbagai pembangunan di Kabupaten Padangpariaman. Banyak pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, irigasi serta infrastruktur lainnya yang dilakukan untuk kemajuan daerah.

"Kemajuan pembangunan yang sangat menggembirakan, tujuannya tentu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Prestasi ini patut kita apresiasi," kata Ramah Saleh saat memberikan sambutan pada acara Halal bi Halal dan Silaturahmi PKDP se Sumbar di Aula Kantor Bupati di Parit Malintang, Sabtu (21/7).

Pembangunan yang bersifat fenomenal, kata Ramal Saleh, adalah pembangunan Kawasan Pendidikan Terpadu Tarok City yang akan dibangun berbagai kampus dan rumah sakit bertaraf internasional. Adapun kampus tersebut yaitu UNP, ISI Padang Panjang, Politeknik Universitas Negeri Padang, dan UIN Imam Bonjol.

"Kita dukung pembangunan Tarok City  yang akan menjadi kota satelit di Sumatera Barat," kata dia.

Putra VII Koto itu juga meminta Bupati Ali Mukhni untuk menyediakan tanah untuk pembangunan Pusat Kajian Sains untuk penelitian di Kawasan Tarok City. Ia berharap ke depannya Tarok City juga akan dikenal sebagai pusat teknologi seperti yang ada di Bangalore, India.

"Pusat sains itu akan bekerja sama dengan kampus-kampus terkenal di dunia seperti Harvard di Amerika Serikat," imbuhnya.

Ke depan, kata Ramal, perlu dipertimbangkan bersama mengenai harapan masyarakat ranah dan rantau agar putra terbaik Piaman duduk di rumah bagonjong Sumatera Barat. Karena yang terakhir memimpin Sumbar dari Piaman adalah Muslim Kasim sebagai wakil gubernur periode 2010-2015.

"Masyarakat rindu urang Piaman duduk di istana bagonjong. Sosok Ali Mukhni yang merakyat dan pekerja keras bisa kita pertimbangkan. Semuanya berpulang kepada masyarakat," kata Ramah Saleh.

Sementara itu, Bupati Padangpariaman Ali Mukhni apresiasi silaturahmi dan halal bi halal PKDP se Sumatera yang diagendakan satu kali dalam setahun.

"Manfaat silaturahmi ada tiga yaitu memperpanjang umur, urusan dipermudah dan pintu berkah dibukakan oleh Allah SWT," kata Ali Mukhni.

Terkait pembangunan, kata Ali Mukhni, berawal dari pasca gempa 30 September 2009 yang lalu. Ribuan rumah roboh, fasilitas umum rusak berat dan pertumbuhan ekonomi menurun. Berkat menyatunya ranah dan rantau maka Padangpariaman bangkit dengan segala pembangunan hingga saat ini.

"Kunci pembangunan di Ranah Minang khususnya di Padangpariaman, adalah menyatunya ranah dan rantau," sebutnya.

Kabupaten Padangpariaman, lanjut Ali Mukhni, merupakan pusat pembangunan mega proyek di Sumatera Barat dengan dana puluhan trilyunan di berbagai sektor.

Mulai dari pembangunan Politeknik Pelayaran, MAN Insan Cendikia, Asrama Haji, Main Stadion, Jalan Tol Padangpariaman-Pekanbaru dan Kawasan Pendidikan terpadu Tarok City.

"Saat ini dan ke depan, barometer pembangunan di Sumatera Barat adalah di Padangpariaman. Artinya, masa depan Sumbar ada di daerah kita tercinta, Padangpariaman," ia optimis.

Mengenai lahan di Tarok City yang seluas 697 hektare, kata Ali Mukhni, telah diserahkan sertifikat tanah untuk tiga kampus kepada Sekjen Kemenristek Dikti secara gratis tanpa ganti rugi bulan lalu. Di antaranya UNP seluas 150 hektare, ISI Padang Panjang 40 hektare dan Politeknik 50 hektare.

"Tarok City juga berdampak kepada kabupaten dan kota tetangga, seperti Padang Panjang, Bukittinggi, Solok, Tanah Datar, Agam dan Padang," imbuhnya.

Orang nomor satu di Padangpariaman itu juga sedang membuka jalan Tarok City-Tandikek untuk mempermudah akses masuk dan pertumbuhan ekonomi baru. Artinya Kecamatan Patamuan, Padang Sago dan VII Koto juga merasakan hadirnya Tarok City.

Halal bi halal dihadiri Sekda Jon Priadi, Sekda Pariaman Indra Sakti, Rena Ali Mukhni, Forkompinda, Kepala OPD, Walinagari dan ratusan perantau Piaman se Sumbar dan juga diisi tausyiah oleh ulama kondang Duski Samad. (Tim)
×
Berita Terbaru Update