Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ungkap Makna Salam GEMA OK3, Jempol MARI dan DePe

6 Maret 2018 | 6.3.18 WIB Last Updated 2018-03-06T12:09:29Z
Tiga Paslon berlaga di Pilkada Pariaman 2018. Foto/Nanda/istimewa
Pariaman ----- Berbagai pola sosialisasi dilakukan paslon kepada masyarakat. Tiga pasangan calon yang berlaga di Pilwako Pariaman 2018 menunjukan simbol nomor urutnya masing-masing. 

Pasangan calon walikota dan wakil walikota Pariaman Genius Umar dan Mardison Mahyuddin perkenalkan arti salam GEMA OK3.
 

Salam terbentuk dari kelingking, jari manis dan jari tengah disusun membentuk angka 3 romawi, sedangkan jari telunjuk dan jempol disatukan membentuk angka 0 (nol).

"Jadilah salam GEMA OK3 (oke pakai angka tiga pengganti huruf e)," kata calon Wakil Walikota Mardison Mahyuddin usai menghadiri undangan pesta pernikahan di Pariaman, Selasa (6/3) siang.

Menurutnya, salam GEMA mirip dengan salam Oke Oce, yang dipopulerkan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pada Pilgub DKI Jakarta 2017 silam. Bedanya, kata Mardison, GEMA OK3 terkandung sejumlah makna.

"Oke, yang dimaknai sebagai pernyataan setuju. Setuju melanjutkan pembangan bersama Genius dan Mardison, setuju memilih Genius dan Mardison dan setuju membangun Kota Pariaman bersama," ujar Mardison.

Menurut dia, salam GEMA OK3 sekaligus sandi dan simbol politik. Simbol yang sederhana, ia nilai efektif untuk mensosialisasilkan paslon oleh tim dan relawan mereka.

"Kita cukup salam GEMA OK3, masyarakat sudah ngerti dan membalas dengan salam yang sama. Ini semacam sandi juga lah," imbuhnya.

Sedangkan pasangan nomor urut 1 Mahyuddin-Ridwan mengusung tema MARI. Frasa Mari acap disebutkan dalam berbagai kalimat.

Selain itu, untuk nomor urut pasangan MARI mempopulerkannya dengan acung jempol sebagai kode nomor urut satu (1).

Untuk pasangan nomor urut 2 Dewi-Pabrisal, belum banyak mempopulerkan nomor urut. Namun dari pantauan sejauh ini di media sosial, pasangan nomor urut 2 tersebut lebih populer disebut DePe. (Nanda/OLP)
×
Berita Terbaru Update