Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ketika Genius Umar Bicara Musik

12 Maret 2018 | 12.3.18 WIB Last Updated 2018-03-12T00:51:59Z
Video Genius Umar bermain musik di instagram. Foto/istimewa/Nanda
Pariaman ----- Padatnya jadwal kampanye tidak membuat calon walikota Pariaman 2018 Genius Umar meninggalkan hobinya bermain musik.

Meskipun dengan aktivitas sebagai calon walikota yang padat, sejak pagi kadang hingga dinihari berkampanye, ia masih sempatkan bermain musik. Walaupun hanya sebentar. Meski tidak rutin, bermain alat musik seolah menjadi rutinitas yang tak wajib, namun kerap ia lakukan.

Kepiawaian alumnus IPDN ini memainkan alat musik tidak perlu diragukan. Beragam alat musik telah ia mainkan. Gitar, piano dan alat musik pukul seperti drum. Tidak hanya alat musik modern saja, alat musik tradisional khas Pariaman seperti gandang tasa dan talempong, ia mahir.

Kemampuan bernyanyi Genius Umar juga boleh. Lagu Pariaman Maimbau Pulang ciptaan seniman Ujang Virgo dalam album promosi Wisata Kota Pariama, ia bawakan dengan baik. Buktinya lebih 7.000 kali video itu ditonton di youtube.

Belum lama ini, sebuah video singkat akun istagram pendukung Genius-Mardison (Pengg3mar), merilis aksi Genius Umar bernyanyi sambil bergitar. Sejumlah anak muda, yang merupakan anggota Pengg3mar ikut mengiringi kocokan dan petikan gitar suami Lucy Genius yang melantukan lagu minang legendaris berjudul Sabiduak Sairiang Sajalan dan Jaso Mandeh.

Iringan pukulan Cajon (alat musik perkusi berbentuk kotak) dan suara Harmonika dari anggota Pengg3mar, dalam video berdurasi 60 detik itu, memberikan kesan jika Genius Umar betul-betul piawai bermain musik.

Bagi Genius Umar sendiri, bermain musik tidak harus ada waktu khusus. Waktu luang saat jeda aktivitas kampanye, ia manfaatkan main musik. Bahkan saat menjadi wakil walikota Pariaman pun bermain musik. Waktu luang, terkadang ia manfaatkan untuk sekadar berkaraoke bersama keluarga.

Menurut dia, hobi bermusik tidak dimulai ketika ia menjadi pejabat publik saja. Jauh sejak masih remaja, bakat tersebut telah ada. Tumbuh di lingkungan sanggar seni tradisional yang dipusatkan di rumah orangtuanya kala itu, membuat style bermusiknya kian terasah. Kini, musik menjadi salah satu passion dirinya.

Selain itu, kata Genius, musik baik untuk menyeimbangkan kecerdasan antara otak kiri dan otak kanan. Otak kiri bekerja untuk mengatur kemampuan seseorang pada nalar, tulisan, berhitung dan berlogika. Sedangkan otak kanan, berfungsi berpikir kreatif. Biasanya memberikan kemampuan seseorang untuk berkhayal, mencurahkan emosi, membedakan warna, dan ilmu ruang.

Karena banyaknya manfaat musik bagi keseimbangan otak, hobi bermain musik juga ia tularkan kepada empat orang anaknya.

Kini, musik dan kesenian ikut menjadi perhatian baginya dalam Pilkada Kota Pariaman, jika terpilih menjadi Walikota Pariaman periode 2018-2023. Melalui pembangunan Youth Center yang menjadi pusat kegiatan pemuda saat terpilih kelak, Genius Umar bersama Mardison Mahyuddin memberikan wadah bagi generasi muda, salah satunya di bidang musik. Di gedung Youth Center semua aktivitas positif generasi muda ditampung. Yang hoby bermusik, olahraga, berdiskusi bisa dipusatkan di sana.

Khusus di bidang musik, Youth Center disulap layaknya studio musik dan bengkel seni, segala musik dan kesenian modern dan tradional di Youth Center. Itulah hobby yang esok menjadi salah satu program yang harus ia wujudkan. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update