Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Luncurkan Kampanye Damai, 3 Paslon Akan Diarak Keliling Kota

15 Februari 2018 | 15.2.18 WIB Last Updated 2018-02-15T13:19:06Z
Sebelumnya 3 Paslon bersama Panwaslu Pariaman, KPU dan Polres Pariaman juga telah mengikrarkan tolak politik uang dan SARA. Foto/Nanda
Pariaman ----- Peluncuran kampanye damai pemilihan walikota dan wakil walikota Pariaman 2018 digelar Minggu (18/2) mendatang. Peluncuran kampanye damai akan diikuti oleh tiga pasangan calon peserta Pilkada 2018, pendukung, parpol pengusung dan stake holder terkait.

Ketua KPU Kota Pariaman Boedi Satria mengatakan, usai melakukan, perkenalan pasangan calon dan komitmen akan melakukan kampanye damai, dilanjutkan dengan konvoi kendaraan roda empat dari rombongan paslon.

Sementara rute yang akan dilalui pada saat kampanye damai yakni, star Balai Kota Pariaman - Simp. Lapai - Simp. Jagung - Simp. Punggung Lading - Simp. Empat SMK 1 - Simp. 3 Jati - Bato - Talago Sariak - By Pass - Simp. Apar - Simp. Tabuik - Simp. Galombang - Finish Balai Kota Pariaman.

Pada konvoi itu, pendukung pasangan calon tidak perbolehkan menggunakan sepeda motor, untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

“Masyarakat dapat melihat pasangan calon yang nantinya akan dipilih pada Pilkada 2018 mendatang dan ini juga mengajak masyarakat Kota Pariaman menjadikan Pilkada Kota Pariaman secara damai,” jelasnya.

Dikatakanya, KPU Kota Pariaman juga meminta agar paslon untuk menanggalkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang telah dipasang. Jika tidak dibersihkan, maka tim gabungan KPU, Panwaslu Kota Pariaman dan Pol PP yang akan menurunkannya.

Kabag Ops Polres Pariman Kompol Abdus Syukur Felani mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan skema pengamanan pada saat dilaksankannya kampanye damai itu. Dari sisi kelancaran lalulitas saat konvoi, pihaknya juga akan menempatkan personil mengatur arus kendaraan.

“Kita lakukan pengamanan di lokasi start kampanye damai maupun jalur yang dilalui, untuk rombongan konvoi ada patwal pembuka dan penutup,” ujarnya.

Menurutnya, peluncuran kampanye damai penting dilakukan sebagai upaya cipta kondisi agar pelaksanaan Pilkada Pariaman berlangsung damai. Menurut Abdus Syukur yang juga mantan Kasat Reskrim Polresta Padang ini, tahapan kampanye merupakan salah satu tahapan yang rawan. Tingginya tensi politik pada tahapan ini bisa saja memicu terjadinya gesekan antara pendukung.

“Dengan sistim kekerabatan yang ada di Kota Pariaman, dan komitmen bersama paslon dan tim, saya yakin Pilkada kita akan berjalan dengan badunsanak. Namun kami tetap lakukan langkah-langkah pencegahan,” pungkasnya mengakhiri.

Rapat koordinasi persiapan peluncuran kampanye damai Pilkada Kota Pariaman 2018 dihadiri sejumlah stake holder yang ada dari Kodim 0308/Pariaman, Kakan Kesbangpol Kota Pariaman, Panwaslu Kota Pariaman dan Perwakilan Parpol se Kota Pariaman. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update