Tingkatkan Keterwakilan di DPRD, Perempuan Pariaman Terima Pelatihan Politik

Wawako Genius Umar foto bersama dengan peserta pelatihan dan panitia
Pariaman --- Wakil Walikota Pariaman Genius Umar membuka secara langsung pelatihan peningkatan kapasitas perempuan dalam berpolitik yang diadakan di Aula BPKB Rawang Kota Pariaman.

Acara dihadiri Asisten Deputi Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak Nyimas Aulia, Kepala DP3AKB Kota Pariaman Alfian Harun, dengan narasumber Ruslan Ismail Mage dari Direktur Eksekutif Sipil Institut Jakarta yang merupakan mentor nasional motivator politik Indonesia.

Peserta merupakan para kader wanita dari organisasi perempuan, organisasi politik sebanyak 80 orang dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab yang akan berlangsung selama dua hari pada 21 hingga 22 November 2017, Senin (21/11) lalu.

Genius Umar mengharapkan dengan diadakan acara itu akan melahirkan pemikiran-pemikiran baru untuk kemajuan perempuan, sehingga tercapai dua aspek yakni perempuan sebagai pencegah konflik dan perempuan sebagai penggiat perdamaian, dan mampu aktif ke tingkat perwakilan rakyat dimana saat ini hanya satu orang perempuan yang menjadi anggota DPRD di Kota Pariaman dengan persentase 5 persen.

"Jumlah perempuan di dalam pengambilan kebijakan masih sangat rendah bila dilihat dari kuota 30 persen yang telah diamanahkan undang-undang, DPRD Kota Pariaman memiliki angka keterwakilan perempuan sangat kecil," terangnya.

Namun, sebut Genius, melihat respon, baik laki-laki maupun perempuan pada pemilu 2014 lalu, pihaknya yakin kuota 30 persen perempuan dalam legislatif dapat diwujudkan, minimal ada keterwakilan lebih besar kaum perempuan dari sebelumnya.

Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan motivasi kepada perempuan calon legislatif pada pemilu tahun 2019 mendatang serta pentingnya pendidikan politik bagi perempuan.  (TKIP DP3AKB)