Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Operasi Zebra 2017 Padangpariaman Libatkan TNI dan Dishub

1 November 2017 | 1.11.17 WIB Last Updated 2017-11-01T11:54:54Z

Padangpariaman --- Mulai hari ini hingga empat belas hari ke depan, Polres Padangpariaman gelar razia besar-besaran. Razia dengan sandi Operasi Zebra Singgalang tahun 2017, melibatkan 46 orang personil akan menggelar razia secara hunting dan stasioner di titik rawan pelanggaran lalulintas.

Kapolres Padangpariaman AKBP Eri Dwi Haryanto melalui Kasat Lantas Iptu Al Fatoni dan Kasubag Humas Iptu Irwan Sikumbang menjelaskan, dalam Operasi Zebra, petugas akan melakukan pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan dan standar keselamatan dalam berkendara.

“Pemeriksaan bagi kendaraan sepeda motor kita lakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan dan SIM, spesifikasi kendaraan dan keselamatan pengemudi,” jelasnya usai gelar pasukan Operasi Zebra 2017 di halaman Mapolres Padangpariaman, Rabu (1/11).

Berbeda dengan operasi sebelumnya seperti operasi patuh, pada operasi zebra ini, jajaran Polres lebih dominan melakukan penindakan terhadap pelanggaran yang dilakukan pengendara dan pengemudi. Dalam waktu hari ini hingga 10 hari kedepan, pihaknya melakukan penindakan, sedangkan 4 hari akhir, dilakukan langkah pre efentif dan prefentif.

“Selama operasi ini 80 persen adalah langkah penindakan, 10 persen pre efentif dan 10 persen langkah prefentif, makanya hari pertama hingga hari kesepuluh dalam operasi ini kita lakukan langkah penindakan bagi pelanggar,” ujarnya.

Al Fatoni optimis angka kecelakaan lalulintas dan pelanggaran aturan lalulintas pada Operasi Zebra tahun 2017 akan menurun. Data 2016, kecelakaan lalulintas tercatat 6 kasus, tidak ada korban meninggal dunia dan 4 orang korban luka berat serta 7 orang korban luka ringan. Hal itu diyakini, karena pihaknya telah melakukan razia rutin menjelang dilakukannya Operasi Zebra.

“Terjadi penurunan setiap tahunnya. Belum lagi pengaruh dari razia yang sering kita lakukan sebelum operasi zebra ini,” ujarnya optimis.

Dalam operasi ini, kata dia, jajaran Polres Padangpariaman tidak punya target khusus. Sama dengan target pada operasi sebelumnya, Operasi Zebra 2017 menargetkan menurunnya pelanggaran lalulintas dan angka kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Padangpariaman.

“Kita berharap agar masyarakat pengedara dapat mematuhi aturan lalulintas, mengutamakan keselamatan berlalulitas. Dengan hal ini tentu akan tercapai tertib dan lancar lalulintas, tidak ada lagi kecelakaan,” pungkasnya.

Selain anggota kepolisian, Operasi Zebra juga melibatkan personil TNI Kodim 0308/Pariaman dan Dinas Perhubungan kabupaten Padangpariaman. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update