Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dihadiri Genius dan Suhatri Bur, Menpora Beri Kuliah Umum di Pariaman

17 November 2017 | 17.11.17 WIB Last Updated 2017-11-17T12:59:35Z

Pariaman --- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi, berikan kuliah umum dalam bentuk seminar nasional di kampus STIE Sumbar Pariaman, di Jalan Bypass Pariaman, Jumat (17/11).

Seminar bertajuk meningkatkan nasionalisme terhadap pengaruh paham radikalisme tersebut, juga dihadiri oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dan Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur.

Menpora Imam Nahrawi di hadapan mahasiswa dalam seminarnya menyampaikan, bahwa generasi muda harus terus menyalakan api semangat sumpah pemuda untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

"Kemaren saya membuka Jambore Pemuda Indonesia (JPI) di Kota Sawahlunto yang diikuti oleh 1.000 pemuda dari Sabang sampai Merauke. Di sana juga (Sawahlunto) terdapat makam seorang pahlawan nasional Muhammad Yamin yang merupakan salah satu pencetus lahirnya Sumpah Pemuda di tahun 1928, jauh sebelum kemerdekaan," kata Nahrawi.

Mendapati hal itu, ia bahkan berharap akan lahir Muhammad Yamin-Muhammad Yamin baru dari Sumatera Barat yang berjiwa besar dan mengedepankan kesatuan bangsa dan negara di atas keegoannya sebagai orang daerah.

Untuk menangkal paham radikalisme yang kian gencar, mantan anggota DPR RI dua periode itu mengajak segenap anak bangsa mempertahankan dan menjaga ideologi bangsa---Pancasila dan UUD 1945.

"Indonesia memiliki beribu-ribu pulau, suku, bahasa daerah dan budaya yang berbeda satu dengan lainnya. Tetapi kita memahami bahwa kita adalah bangsa yang besar yang harus bersatu agar memperoleh tujuan sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur dalam kebhineka-tunggal-ikaan," sambungnya.

Nahrawi berpesan agar generasi muda tidak mudah tergoda dengan iming-iming sebuah idealisme baru yang merupakan suatu cara untuk menangkal radikalisme.

Sementara itu, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar mengapresiasi kehadiran Menpora di Pariaman. Menpora di sela kesibukannya masih meluangkan waktu untuk memberikan kuliah umum di Pariaman, sangat berarti baginya dan segenap warga Pariaman.

"Mungkin baru pertama kalinya di kota Pariaman kedatangan seorang Menpora RI, dan ini menjadi motivasi tersendiri bagi kami," ujarnya.

Dengan kedatangan Menpora ke kota Pariaman, kata Genius, menjadi momentum bagi semua pihak untuk memberikan kesempatan lebih dan keleluasaan bagi generasi muda untuk mengeksplorasi diri dengan berbagai kegiatan yang kreatif dan inovatif.

"Saat ini telah banyak kelompok pemuda Pariaman yang berhasil di bidangnya masing-masing. Mulai dari yang aktif di kesenian dan penanggulangan kenakalan remaja, peduli lingkungan dan kebersihan, pelaku pariwisata, peduli terumbu karang dan penyu serta hutan mangrovenya, dan lainya," sebut Genius.

Ke depan ia berharap akan semakin banyak lagi generasi muda yang melakukan aktivitas positif dalam rangka memajukan kota Pariaman, untuk lebih baik dari segala hal. (Juned)
×
Berita Terbaru Update