Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mengenang Tragedi Berdarah Surau Batu Sintuak

17 Agustus 2017 | 17.8.17 WIB Last Updated 2017-08-17T10:29:51Z

Sintoga -- Peristiwa penembakan 40 orang anggota TRI/TNI,  pemuda pejuang kemerdekaan dan penduduk lainnya dari Nagari Sintuak Tobohgadang, Pakandangan, Kototinggi, Pauhkamba, Bintungantinggi dan sekitarnya oleh tentara Belanda, diperingati Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Padangpariaman dengan menyelenggarakan upacara 17 Agustus 2017 di lokasi pembunuhan.

Peristiwa tersebut terjadi pada  Selasa 7 Juni 1949, yang dilakukan oleh serdadu Belanda. Pembina Upacara Peringatan HUT RI ke-72, Ketua GP Ansor Padangpariaman Zeki Aliwardana, menyebutkan, pelaksanaan upacara sengaja diselenggarakan di lokasi pembunuhan keji oleh tentara Belanda kepada TRI/TNI dan rakyat  untuk mengenang peristiwa yang dikenal dengan Tragedi Surau Batu Sintuak.

"Karena eksekusi pembunuhan tersebut dilakukan di dekat surau Batu, persisnya di pinggiran sungai Batang Tapakih. Kita ingin mengingatkan semua pihak bahwa di lokasi ini pernah terjadi pembunuhan puluhan orang akibat mempertahankan kemerdekaan RI dari serangan tentara Belada," kata dia.

Ia juga prihatin tidak adanya kepedulian pihak terkait terhadap pembangunan tugu yang dibangun untuk mengenang peristiwa tragis tersebut. Hingga kini tugu itu masih terbengkalai dan dipenuhi semak belukar. Karena dilaksanakan upacara peringatan 17 Agustus di tempat itu, lokasinya dibersihkan

Rangkaian sejarah perjuangan saat itu bermula dari gencarnya perlawanan pemuda dan pejuang TRI/TNI di Sintuak Tobohgadang sekitarnya membuat Belanda kalap dan melakukan serangan membabi buta.

Rakyat biasa, petani, saudagar jadi sasaran. Pagi 7 Juni 1949, satu kompi serdadu Belanda  melakukan penyisiran ke arah Barat dari Lubuak Aluang. Operasi dipimpin Kapten Backer Komando Markas Teritorial Belanda yang bergerak dari tiga jurusan, yaitu dari Selatan melalui Pungguangkasiak, dari Utara melalui Pakandangan dan Kototinggi serta dari Barat melalui Bintungan Tinggi, Pauhkamba, dan Tobohgadang.

Ketiga rombongan menyatu dan bertemu di pasar Sintuak, tepat di lapangan dekat stasiun kereta api Sintuak. Pada pukul 09.00 WIB, ketiga rombongan  membawa orang-orang tangkapannya. Tujuan penyisiran menangkap gerilya pemuda pejuang kemerdekaan dan anggota TNI. Namun, setiap laki-laki dewasa yang ditemui digiring.

Di stasiun kereta api Sintuak, semua tangkapan dikumpulkan,  dibagi   tiga kelompok. Pertama, 20 orang dibawa ke Lubuak Aluang untuk diperiksa. Kedua,  35 orang disuruh pulang. Ketiga,  40 orang dibawa Belanda ke Surau Batu Sintuak. Kelompok ini  di halaman Surau  Batu mula-mula  disuruh duduk melingkar  mendengarkan tuduhan sebagai gerilya, ekstrimis, penghianat, perampok dan sebagainya.

Walaupun ada diantaranya  berteriak menyatakan bahwa ia petani, tidak tahu apa-apa,  tidak dihiraukan oleh serdadu Belanda. Kemudian digiring ke pinggir sungai Batang Tapakih berbaris  membelakangi kepada serdadu Belanda dan menghadapi aliran sungai. Tiga senapan mesin siap memuntahkan peluru.

Tiba-tiba terdengar komando tembak! Door… door….door. Sebanyak 37 orang tewas.  Mayatnya  dihanyutkan  Batang Tapakih yang waktu itu tengah banjir. 

Peristiwa berdarah itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Masyarakat setempat tidak ada yang menyaksikan langsung, hanya bunyi tembakan dari jauh.  Tiga orang  terhindar dari maut. Ketiganya,  saat letusan senjata api musuh terdengar, mereka  cepat terjun  ke  sungai. Lalu menghanyutkan diri bersama air banjir.

Masing-masing  Zakaria alias Buyuang Gati,  ditangkap  di  Tobohluaparik,  Tobohgadang. Setelah hari gelap,  baru berani  keluar dari sungai dan pulang. Kedua,  Hongkong yang dibangunkan ketika masih tidur pukul 05.30 WIB   di Bayua Kototinggi.  Ketiga, Nasir Labai Buyung Itik,  ditangkap tentara Belanda di Surau Buluah Apo Sawahmansi Tobohgadang, ketika selesai shalat Subuh.

Nasir Labai Itik malam harinya sampai di Balaiusang Sintuak. Ia menceritakan kejadian pada masyarakat setempat. Informasinya dengan cepat tersebar luas dan malam itu juga masyarakat Sintuak  bersama-sama membawa lampu petromak mencari korban.

Karena  Batang Tapakih  banjir, masyarakat kesulitan mencari jenazah korban. Tidak semua  korban dapat ditemukan. Hanya beberapa  korban  dapat ditemukan.  Enam  korban yang tidak dikenal dikuburkan di tepi Batang Tapakih.

Jenazah yang dikenal segera dibawa  keluarga  dan besoknya dikuburkan di pandan pekuburan masing-masing. Yang dikuburkan keluarga  Nazir, Mulek Dodok dan Yusuf Jalang. Namun dapat dicatat hanya 26 orang teridentifikasi. Tiga orang selamat, 6 orang dikuburkan secara massal dan 5 orang lagi tidak ditemukan.   (Tim)
×
Berita Terbaru Update