4 Sekolah Pariaman Ikuti Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi


Pariaman -- Sekretaris Daerah Kota Pariaman Indra Sakti, hadiri penilaian lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Provinsi Sumbar di aula DKP Kota Pariaman, Senin (28/8). Dalam lomba tersebut juga diikuti empat sekolah asal Kota Pariaman.

Keempat sekolah tersebut yakni SMK Negeri 1 Pariaman, SMP Negeri 6 Pariaman, SD Negeri 08 Marunggi dan Taman Kanak-Kanak Desa Rambai. Pembukaan ditandai dengan paduan suara mars UKS oleh perwakilan pelajar SMP Negeri 6 Pariaman.

Hadir juga dalam penilaian itu Kepala Kemenag Kota Pariaman Muhammad Nur, SOPD Pariaman, dan para kepala sekolah. Dewan juri diketuai oleh Artis Arjun yang beranggotakan lima orang.

Indra Sakti mengatakan, Pemko Pariaman menyambut baik kegiatan lomba sekolah sehat itu karena mampu menciptakan SDM siswa berkualitas dan berkuantitas, baik di lingkungan sekolah maupun nantinya di lingkungan masyarakat.

“Ada dua sektor kemajuan perkembangan SDM anak, yakni pendidikan dan kesehatan. Keduanya memiliki korelasi hubungan yang harus kita bangun bersama. Dalam hal ini diperlukan kerjasama yang baik lintas sektor," ujarnya.

Dengan melibatkan sektor-sektor terkait, tambah Indra Sakti, maka akan mewujudkan generasi muda yang sehat, cerdas dan mandiri secara berkesinambungan demi mewujudkan cita-cita UKS.

"Sejalan dengan tiga program UKS yakni pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat," sambungnya.

Sementara itu Artis Arjun, mengungkapkan hakikatnya UKS bertujuan untuk menciptakan sekolah yang sehat dan bersih. Bersih lingkungan dan bersih ruang kelas, agar siswa dapat belajar dengan tenang dan baik.

"Ada dua kategori yang nantinya akan menjadi bahan penilaian dari tim penilai, yakni kinerja terbaik dan pencapaian terbaik. Selain penilaian juara terbaik, diharapkan sekolah selalu berusaha untuk membuat program hidup sehat jasmani dan rohani, guna mewujudkan sekolah sehat,” singkat Artis Arjun. (Phaik)