Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mukhlis Izinkan Kapal Wisata Naikan Penumpang di Gandoriah

19 Juni 2017 | 19.6.17 WIB Last Updated 2017-06-19T14:36:01Z

Gondariah -- Walikota Pariaman Mukhlis Rahman izinkan kapal wisata penyeberangan pulau melayani dan menaikan pengunjung di Pantai Gondariah Pariaman. Pemberian izin tersebut bersifat terbatas selama pesta pantai liburan Idul Fitri 2017. Pemberian izin guna mengantisipasi membludaknya pengunjung yang akan hendak menyeberang ke Pulau Angso Duo yang tidak dapat dilayani di Dermaga Muaro Pariaman.

"Sifatnya terbatas, tidak seterusnya. Kita hanya izinkan selama pesta pantai saja," tegasnya usai memimpin apel pasukan operasi Ramadniya 2017 di halaman Balaikota Pariman, Senin (19/6/2017) pagi.

Meskipun diberikan izin oleh Pemko Pariaman, aktivitas penyeberangan dari Pantai Gondariah tetap diberlakukan pengawasan yang ketat dengan memperhatikan Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Kita tetap tegas agar penyeberangan sesuai dengan SOP, karena berkaitan dengan keselamatan penyeberangan juga," ucapnya.

Terpisah, petugas Keamanan Laut (KAMLA) Lantamal II Padang di Pantai Gondariah, Serma Nofrialdi saat rapat Kominda Kota Pariaman di Kantor Kesbangpol Kota Pariaman, Senin (19/6) siang mengatakan bahwa pihaknya bersama pihak terkait lainnya seperti Dishub, Satpol PP, Satpol Air Polres Pariaman telah melakukan pengecekan dan penertiban terhadap kapal yang beroperasi melayani penyeberangan pulau.

Dari pengecekan, kata dia, banyak kapal ditemukan dalam kondisi tidak laik jalan karena mengalami kebocoran. Selain itu, dari pengecekan juga ditemukan kapal yang tidak lengkap alat keselamatannya seperti baju pelampung.

"Ditemukan banyak kapal yang tidak laik beroperasi, karena bocor pada lambung, baju pelampung yang tidak mencukupi. Ini tentu harus menjadi perhatian bersama," jelasnya.

Dikatakannya, ia dengan pihak terkait telah mengimbau pihak pengusaha kapal wisata penyeberagan untuk memperbaiki kapal yang mengalami kecoboran, melengkapi alat keselamatan sebelum melayani wisatawan menyeberang.

Sementara itu, Kapolres Pariaman, AKBP Bagus Suropratomo memilki cara lain untuk mengajak pengusaha dan nelayan untuk mengedepankan aspek keselamatan penyeberangan wisatawan ke pulau. Polres Pariaman bersama Pemko Pariaman menggelar lomba kapal wisata selama pesta pantai dilaksanakan. Dalam lomba tersebut, kapal akan dinilai berdasarkan kelengkapan alat keselamatan, kelaikan kapal dan aspek sapta pesona lainnya.

"Ini cara kita merangsang pengusaha kapal dan pihak lainnya untuk memperhatikan aspek keselamatan penyeberangan. Kita ajak secara persuasif dulu," katanya.

Lomba itu, ulasnya, sekaligus rangkaian peringatan HUT Bhanyangkari yang jatuh pada 1 Juli 2017 dan HUT Kota Pariaman ke 14 pada 2 Juli 2017 mendatang.

"HUT nya bersamaan antara Bhayangkari dengan Kota Pariaman, sekalian kita punya visi yang sama untuk mengajak ketertiban penyeberangan laut ini," pungkas mantan penyidik KPK itu.

Nanda
×
Berita Terbaru Update