PKS Pariaman Jaring 18 Nama Balon Untuk Pilkada 2018

Surat Suara (Dokumen Pilkada Pariaman 2013)



DPD PKS Kota Pariaman bergerak cepat mempersiapkan strategi pemenangan pada pilkada walikota dan wakil walikota Pariaman yang akan dihelat pertengahan tahun 2018 mendatang.

Ketua DPD PKS Kota Pariaman Yendri Mukhlis dalam keterangan persnya, Selasa (7/3/2017), di Pariaman, menuturkan, pihaknya telah melakukan penjaringan bakal calon (balon) walikota Pariaman, baik dari eksternal ataupun internal PKS.

Sejumlah nama balon yang muncul hasil penjaringan kata dia, antara lain (sesuai abjad) Ali Bakri, Azwin Amir, Bahrul Anif, Edison TRD, Hasno Welly, Indra Jaya Piliang, Is Prima Nanda,  Genius Umar, Mardison Mahyuddin, Mahyuddin, M. Sya'ban, Syafinal Akbar, Syukri Arif dan Syuryadi Sabirin.

Dari internal mencul sejumlah nama lama seperti anggota DPR RI fraksi PKS dapil Sumatera Barat 1, Refrizal, Ketua DPD PKS Kota Pariaman Yendri Mukhlis, anggota DPRD Kota Pariaman,  M. Yasin, mantan ketua DPD PKS Kota Pariaman, M Ridwan dan anggota DPR RI PKS dapil Sumatera Barat II, Hermanto.

"Menghadapi Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Pariaman, DPD PKS Kota Pariaman telah melakukan penjaringan balon walikota dan wakil walikota Pariaman yang dihadiri oleh 60 orang kader PKS. Adapun nama-nama balon yang muncul dari penjaringan merupakan aspirasi kader," sebutnya.

Selanjutnya, kata Yendri, nama hasil penjaringan tersebut akan dilakukan dengan bedah visi dan misi menghadirkan balon bersangkutan.

"Nama balon hasil penjarinan akan mengerucut menjadi dua nama yang berasal dari kader dan non kader," kata dia lagi.

Imbuh Yendri, dalam penjaringan tersebut, kader dipersilahkan melakukan penilaian dan merekomendasikan nama yang akan diusung oleh PKS pada pilkada Kota Pariaman. Hasil penjaringan itu, akan dikirimkan kepada DPW PKS Sumatera Barat. Ditagetkan pada bulan Juli 2017 sudah ada kepastian balon yang akan diusung oleh PKS Kota Pariaman.

"Setelah ditetapkan sebagai balon walikota dan wakil walikota dari DPD PKS Kota Pariaman, balon atau kandidat akan mendapatkan dukungan penuh struktur kader PKS semua jenjang desa/kelurahan hingga DPP dan dukungan 3.800 suara hasil pileg dan 250 kader PKS akan diarahkan untuk pemenangan balon dari PKS," komitnya.

Ia optimis, gerakan masif kader PKS Kota Pariaman dan perolehan suara PKS Kota Pariaman pada pileg 2014 silam menjadi modal awal upaya pemenangan Pilkada Pariaman yang akan dihelat pertengahan tahun 2018 mendatang.

Sementara itu, Sekretaris DPD PKS Kota Pariaman, Zulhamidi menjelaskan, dalam penetapan penjaringan melalui indikantor/parameter penilaian elektabilitas dan ketokohan bakal calon.

Terkait dengan pengusungan calon, ungkap dia, DPD PKS Kota Pariaman telah membangun komunikasi politik dengan parpol lain untuk menjalin kemungkinan koalisasi pengusungan balon-- karena DPD PKS Kota Pariaman tidak mencukupi persentasi 20 persen perolehan kursi di DPRD Kota Pariaman.

"Kita telah jalin komunikasi politik dengan sejumlah parpol di Kota Pariaman, karena memang perolehan kursi di DPRD Kota Pariaman tidak memungkinkan mengusung sendiri pasangan calon," jelasnya.

DPD PKS Kota Pariaman, pungkas dia, akan terus meningkatkan konsolidasi internal untuk memperkuat kesolidan kader dalam pemenangan pilkada.

Nanda/OLP