Porprov XIV-- Padangpariaman "Pacah Talua" Medali Emas





Kontingan Kabupaten Padangpariaman mulai menuai medali emas pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Sumbar. Emas perdana dipersembahkan dari cabang Taekwondo oleh atlet putri Delva Rizky, Minggu (20/11).

Pengalungan medali emas dilakukan oleh Bupati Padangpariaman yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Zahirman​ di arena pertandingan, Gelanggang Olahraga Semen Padang di Lubuk Kilangan.

Menjawab pertanyaan wartawan, Senin (21/11) siang, Zahirman​ yang juga Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Taekwondo menjelaskan, Delva sudah empat kali mempersembahkan emas taekwondo untuk Padangpariaman. Sebelumnya pada Porprov XI di Agam, Porprov XII di Lima Puluh Kota dan Porprov XIII di Dharmasraya.

“Bahkan, putri asal Sungai Limau ini telah menyumbangkan emas taekwondo untuk  Provinsi Sumatera Barat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI di Jawa Barat,” ungkapnya.

Mengingat Porprov masih akan berlangsung sembilan hari lagi, Zahirman menyatakan harapannya, cabang Taekwondo dapat menyumbangkan minimal dua medali emas lagi.
“Kami menurunkan 16 atlet putra dan putri pada 8 kelas pertandingan. Baru satu kelas yang turun, sudah dapat emas,” cetus dia.

Selain taekwondo, dua cabang lain pun sudah mendulang medali. Yakni cabang Dayung, 2 medali perak atas nama Sundika Yunita Putri dan 1 perunggu untuk beregu. Selanjutnya cabang Binaraga, 1 medali perak atas nama Jene Nugraha dan 1 medali perunggu atas nama Ahmad Firmadi. 

Kontingen Padangpariaman mengikuti 30 dari 33 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porprov XIV ini dengan total personal 664 orang. Rinciannya 460 atlit, 69 pelatih, 44 official, 31 manajer dan 60 orang satgas. 

Zas/OLP